Gambaran Penerapan Konsep Atribut Keputusan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Lip Balm Ber-SPF (Studi pada Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada)
Maulivia Alya Faradila, Prof. Dr. apt. T.N. Saifullah Sulaiman, M.Si; Prof. Dr.apt. Susi Ari Kristina, M.Kes
2024 | Skripsi | FARMASI
Lip balm adalah formulasi yang diaplikasikan
pada bibir untuk mencegah kekeringan dan melindungi bibir dari faktor
lingkungan yang merugikan, salah satunya adalah paparan radiasi ultraviolet (UV) matahari. Fotoproteksi
sangat penting bagi manusia yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan,
salah satunya adalah mahasiswa. Salah satu bentuk fotoproteksi adalah
penggunaan lip balm dengan Sun Protection Factor (SPF). Berbagai
macam merek produk kosmetik lip balm ber-SPF
mulai bermunculan dari industri kosmetik Indonesia (lokal) maupun impor. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui merek-merek lip balm ber-SPF yang digunakan oleh responden dan gambaran
penerapan konsep atribut keputusan produk (product
decisions) seperti fitur (features),
kemasan (packaging), penjenamaan (branding), dan pelabelan (labelling) terhadap keputusan pembelian
kosmetik lip balm ber-SPF.
Metode penelitian yang digunakan
adalah metode cross-sectional dengan
pengambilan sampel secara purposive
sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi pada populasi Mahasiswa
Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah data primer yang diperoleh melalui survei dengan kuesioner yang
disebar secara daring kepada Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada.
Data dianalisis dengan cara analisis statistik deskriptif.
Responden berjumlah 217, berasal dari mahasiswa aktif Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada periode Februari-April 2024 yang menggunakan lip balm ber-SPF. Didapatkan 3 persentase merek kosmetik lip balm ber-SPF teratas yang digunakan oleh responden, yaitu A (49,77%), B (15,21%), dan C (8,76%). Hasil penelitian mengenai gambaran penerapan konsep atribut keputusan produk (product decisions) terhadap keputusan pembelian kosmetik lip balm ber-SPF, yaitu dari responden yang mengisi kuesioner dari skala 1 hingga 4, didapatkan hasil bahwa parameter variabel “fitur (features)” dengan poin tertinggi (3,19 ± 0,82) yaitu produk memiliki warna yang diinginkan oleh responden, selanjutnya parameter variabel “kemasan (packaging)” dengan poin tertinggi (3,77 ± 0,43) yaitu produk mudah disimpan dan dibawa ke mana saja, parameter variabel “penjenamaan (branding)” dengan poin tertinggi (3,49 ± 0,62) yaitu popularitas merek, parameter variabel “pelabelan (labelling)” dengan poin tertinggi (3,54 ± 0,57) yaitu indikasi tanggal kedaluwarsa.
Lip balm is a
formulation that is applied to the lips to prevent dryness and protect the lips
from adverse environmental factors, one of which is exposure to the sun's
ultraviolet (UV) radiation. Photoprotection is very important for people who
often do outdoor activities, one of which is students. One form of
photoprotection is the use of lip balm with Sun Protection Factor (SPF).
Various brands of lip balm cosmetic products with SPF are starting to emerge
from the Indonesian (local) and imported cosmetics industry. The aim of this
research is to determine the brands of lip balm with SPF used by respondents
and to describe the application of the concept of product decision attributes
such as features, packaging, branding and labeling on the decision to purchase
cosmetic lip balm with SPF.
The research method
used was a cross-sectional method with purposive sampling with inclusion and
exclusion criteria in the population of Pharmacy Students, Universitas Gadjah
Mada. The data used in this research is primary data obtained through a survey
with a questionnaire that was distributed boldly to students at the Faculty of
Pharmacy, Universitas Gadjah Mada. Data were analyzed using descriptive
statistical analysis.
The number of respondents was 217, coming from active students at the Faculty of Pharmacy, Universitas Gadjah Mada for the period February-April 2024 who used lip balm with SPF. It was found that the top 3 percentages of lip balm cosmetic brands with SPF used by respondents were A (49.77%), B (15.21%), and C (8.76%). The results of the research regarding the description of the application of the concept of product decision attributes to the decision to purchase cosmetic lip balm with SPF, namely from respondents who filled out a questionnaire on a scale of 1 to 4, showed that the parameter variable "features" with the highest points (3.19 ± 0.82) namely the product has the color desired by the respondent, next is the parameter variable "packaging (packaging)" with the highest points (3.77 ± 0.43) namely the product is easy to store and carry anywhere, the parameter variable "branding" with the highest points (3.49 ± 0.62), namely brand popularity, the variable parameter "labelling" with the highest points (3.54 ± 0.57), namely the expiration date indication.
Kata Kunci : lip balm, SPF, atribut keputusan produk (product decisions), keputusan pembelian