Strategi Public Relations PT Tumbuh Global Indonesia dalam Meningkatkan Kesadaran Karir (Studi Kasus pada Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Asia-Oseania dan Afrika-Timur Tengah Tahun 2023)
ALVISKA AIDHASARI EFRIANTI, Drs. I Gusti Ngurah Putra, M. A
2024 | Skripsi | Ilmu Komunikasi
Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) merupakan sekumpulan pelajar Indonesia yang
sedang menempuh pendidikan di tingkat perguruan tinggi di luar negeri. Meskipun
menempuh pendidikan di luar negeri, faktanya PPI di kawasan Asia-Oseania dan
Afrika-Timur Tengah masih kesulitan dalam mendapatkan akses informasi seputar
pengembangan diri dan karir. PT Tumbuh Global Indonesia sebagai startup sosial di
bidang pengembang diri dan karir menawarkan layanan dan produknya dalam
mengatasi permasalahan tersebut. Divisi Public Relations PT Tumbuh Global
Indonesia menjadi salah satu divisi yang memiliki peran besar dalam membantu
meningkatkan kesadaran PPI terhadap karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
strategi Public Relations PT Tumbuh Global Indonesia dalam meningkatkan kesadaran
karir Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Asia-Oseania dan Afrika-Timur Tengah
pada tahun 2023. Penelitian dengan jenis kualitatif ini menggunakan metode studi
kasus single-cased dengan teknik analisis data milik Cresswell serta teknik
pengumpulan datanya wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa divisi Public Relations PT Tumbuh Global
Indonesia menggunakan dua strategi yaitu strategi aksi dan komunikasi dalam
meningkatkan kesadaran karir PPI di kawasan Asia-Oseania dan Afrika-Timur Tengah.
Strategi aksi yang dilakukan oleh divisi Public Relations perusahaan tersebut berupa
audiensi dengan PPI, career expo, dan kerja sama dengan pihak ketiga. Sedangkan
strategi komunikasi yang dilakukan yaitu komunikasi yang transparan dan komunikasi
persuasif.
The Indonesian Student Association (PPI) is a group of Indonesian students who are
studying at university level abroad. It is a fact that PPIs in the Africa-Middle East and
Asia-Oceania areas still struggle to obtain knowledge regarding personal and career
growth, despite having studied overseas. In order to solve these issues, PT Grow
Global Indonesia, a social company in the self- and career-development space,
provides its services and goods. PT Grow Global Indonesia's Public Relations Division
is one of the departments that plays a significant part in raising PPI's awareness of job
opportunities. The purpose of this study is to ascertain PT Grow Global Indonesia's
public relations plan for raising the Indonesian Student Association (PPI) AsiaOceania and Africa-Middle East's professional awareness in 2023. This kind of
qualitative research combines data analysis methods with a single-case case study
approach. Document analysis, observation, and in-depth interviews are some of
Cresswell's methods for gathering data. The study's findings demonstrate that PT Grow
Global Indonesia's Public Relations department employs both action and
communication techniques to raise awareness of PPI careers in the Asia-Oceania and
Africa-Middle East areas. The company's public relations division uses career expos,
audiences with PPI, and partnerships with outside organizations as part of its action
plan. Persuasive and transparent communication is the communication technique
employed in the interim
Kata Kunci : Strategi Public Relations, PPI, Aksi, Komunikasi, dan Evaluasi