PELINDUNGAN PENCIPTA LAGU YANG TERDAFTAR SEBAGAI ANGGOTA LEMBAGA MANAJEMEN KOLEKTIF (LMK) DALAM PENGGUNAAN LAGU UNTUK PERTUNJUKAN LANGSUNG (LIVE PERFORMANCE): HAK UNTUK MELARANG DAN HAK MORAL PENCIPTA LAGU
HASHINA NADIRA JINGGA, Prof. M. Hawin, S.H., LL.M, Ph.D.
2024 | Skripsi | ILMU HUKUM
Penelitian hukum
ini bertujuan untuk menganalisis peranan
Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) dalam mengatur dan memfasilitasi proses
perizinan bagi pengguna yang akan menggunakan lagu untuk pertunjukan langsung (Live Performance) milik pencipta yang
telah terdaftar sebagai anggota LMK. Selain itu, melalui penulisan ini
diharapkan dapat mengetahui dan
menganalisis lebih lanjut mengenai praktik pelarangan penggunaan lagu untuk
pertunjukan langsung (Live Performance)
oleh pencipta menurut ketentuan UUHC atau PP Royalti. Sekaligus mengetahui
bagaimana pelindungan terhadap hak moral pencipta terhadap ketentuan
pengumpulan royalti musik satu pintu melalui LMK.
Penulisan hukum
ini menggunakan metode penelitian berjenis yuridis-empiris, yang sekaligus mengombinasikannya dengan yuridis-normatif. Penelitian ini bersifat deskriptif. Data yang
digunakan dalam penelitian ini yakni data primer yang diperoleh secara langsung
melalui responden yang dilakukan dengan wawancara serta didukung dengan data
sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan serta didukung dengan pendapat
ahli melalui wawancara narasumber. Data yang diperoleh tersebut kemudian
dianalisis dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian
yang dilakukan penulis ialah, Pertama, mekanisme
pengumpulan royalti satu pintu melalui LMKN, mengharuskan pencipta untuk
terdaftar sebagai anggota LMK, dalam hal ini kemudian pencipta tidak akan dapat
menerima atau menagih royalti secara langsung dari user. Kedua,
berdasarkan ketentuan Pasal 87 ayat (4) UUHC dan
Pasal 3 ayat (1) PP Royalti dapat dipahami bahwa izin yang dimaksud dalam Pasal
9 ayat (2) bukan dikeluarkan oleh pencipta lagu secara pribadi melainkan dengan
cara cukup membayar royalti atau dapatlah dipahami bahwa pembayaran royalti performing
rights kepada LMKN menjadi izin bagi user untuk dapat
menggunakan lagu milik seorang pencipta. Ketentuan tersebut memuat pengecualian dalam batas performing
rights saja termasuk untuk kegiatan live performance. Ketiga, meskipun pencipta telah memberikan
seluruh lisensi lagu ciptaannya kepada
LMK, pengalihan tersebut tidak menjadi sebab
hilangnya pelindungan yang dapat diberikan terhadap hak moral milik seorang
pencipta.
This
legal research aims to analyze the role of the Collective Management
Institution (LMK) in regulating and facilitating the licensing process for
users who will use songs for live performances owned by creators who have
registered as members of the LMK. In addition, through this writing, it is
expected to know and further analyze the practice of prohibiting the use of
songs for live performances by creators according to the provisions of UUHC or
PP Royalty. As well as knowing how the protection of the creator's moral rights
against the provisions of one-door music royalty collection through LMK.
This
legal writing uses an empirical-juridical method of research, which combines it
with normative juridical. This research
is a descriptive research. The data used in this research is primary data
obtained directly through respondents conducted by interviews and supported by
secondary data obtained from literature studies and supported by expert
opinions through resource interviews. The data obtained was then analyzed with
a qualitative approach.
The
results of the research conducted by the author are, First, the one-door
royalty collection mechanism through LMKN, requires the creator to be
registered as a member of LMK, in which case the creator will not be able to
receive or collect directly from the user. Second, Based on the
provisions of Article 87 paragraph (4) UUHC and Article 3 paragraph (1) PP
Royalty, it can be understood that the permission referred to in Article 9
paragraph (2) is not issued by the songwriter personally but by simply paying
royalties or it can be understood that the payment of performing rights
royalties to LMKN is a license for users to be able to use a song owned by a
creator. The provision contains exceptions within the limits of performing
rights only including for live performance. Third, even though the
creator has given the entire license of his song to LMK or there has been a
transfer of economic rights made by the creator to LMK, moral rights will still
be attached to a creator.
Kata Kunci : Kata Kunci: Hak Cipta, Pelindungan Hak Cipta, Pencipta, Live Performance, Lembaga Manajemen Kolektif, Royalti, Lagu, Hak Moral.