Laporkan Masalah

Promosi Musik oleh Fans Melalui Konten Media Sosial: Analisis Isi Praktik Co-Creation Pada #Dararichallenge di Tiktok Tahun 2022

CUT NISKI EVAYANTI, Lidwina Mutia Sadasri, S.I.P., M.A.

2024 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

TikTok merupakan pilihan utama media untuk promosi musik bagi musisi melalui konten viral seperti TikTok Challenge dengan memanfaatkan keterlibatan penggemar. Meskipun fenomena ini sedang berkembang pesat, belum banyak penelitin yang membahas hal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini akan melakukan analisis pada Darari Challenge, sebuah konten TikTok Challenge yang dibuat oleh penggemar Treasure untuk mempromosikan lagu ‘Darari’. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kualitatif dengan paradigma konstruktivisme untuk memahami fenomena kontemporer secara mendalam. Penelitian dilakukan dengan analisis pada konten Darari Challenge pada periode Februari-Agustus 2022 dengan menggunakan konsep TikTok Challenge, budaya partisipatoris, dan value co-creation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggemar secara aktif memanfaatkan elemen visual, audio, dan tekstual dalam konten Darari Challenge untuk mempromosikan lagu dan grup idola mereka. Konten juga menunjukkan bahwa terdapat interaksi antarpenggemar yang turut berkontribusi dalam kesuksesan promosi ‘Darari’ pada media sosial. Konten co-creation ini kemudian direspons oleh pihak idola dengan melibatkan dan memanfaatkan konten yang dibuat penggemar, menciptakan konten promosi yang saling menguntungkan bagi kedua pihak. Temuan ini mengungkapkan dinamika partisipatif fans melalui penciptaan karya serta praktik promosi musik dengan memanfaatkan keterlibatan aktif penggemar.

TikTok is the  platform for music promotion through viral content, such as the TikTok Challenge. Musicians can utilize fan involvement in music promotion through TikTok Challenges. However, the academic literature has not extensively explored this contemporary phenomenon. This research aims to address this gap by conducting an in-depth analysis of the Darari Challenge, a TikTok Challenge created by fans of the group Treasure to promote their song ‘Darari’. The research method used is qualitative content analysis with a constructivist paradigm to deeply understand contemporary phenomena. The research was conducted by analyzing the Darari Challenge's content in February-August 2022 using the concept of TikTok Challenge, participatory culture and value co-creation. The research results show that fans actively utilize visual, audio and textual elements in Darari Challenge content to promote their idol songs and groups. The content also shows fan interaction, which contributes to the success of 'Darari' promotion on social media. This co-creation content is then responded to by the idol by involving and utilizing content created by fans, creating promotional content that is mutually beneficial for both parties. These findings reveal the participatory dynamics of fans through the creation of works and music promotion practices by utilizing fans' active involvement.

Kata Kunci : TikTok Challenge, fans, budaya partisipatoris, value co-creation, TikTok Challenge, fans, participatory culture, value co-creation

  1. S1-2024-455814-abstract.pdf  
  2. S1-2024-455814-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-455814-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-455814-title.pdf