Pengaruh Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Berupa Chatgpt Terhadap Peningkatan Proses Pembelajaran dengan Pengembangan Technology Acceptance Model (TAM) pada Mahasiswa S1 Akuntansi FEB UGM
LISA ALVIANI, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.
2024 | Skripsi | AKUNTANSI
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi Artificial
Intelligence (AI) berupa ChatGPT terhadap peningkatan proses pembelajaran
pada mahasiswa S1 Akuntansi FEB UGM. Penelitian ini menggunakan pendekatan Technology
Acceptance Model (TAM) dan Information System Success Model (ISSM)
untuk menjelaskan penerimaan dan intensi pengguna terhadap penggunaan ChatGPT.
Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi FEB UGM angkatan
2020-2023 yang telah menggunakan ChatGPT. Data dikumpulkan melalui kuesioner
dan dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling
(PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas
informasi berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi
manfaat. Persepsi kemudahan penggunaan juga berpengaruh positif terhadap
persepsi manfaat, tetapi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap sikap
penggunaan. Selanjutnya, persepsi manfaat dan sikap penggunaan berpengaruh
positif terhadap intensi perilaku penggunaan ChatGPT. Temuan ini menunjukkan
bahwa penggunaan ChatGPT dapat meningkatkan proses pembelajaran mahasiswa S1
Akuntansi FEB UGM.
This
research aims to determine the impact of using Artificial Intelligence (AI)
technology in the form of ChatGPT on the enhancement of the learning process
among undergraduate Accounting students at FEB UGM. The study employs the
Technology Acceptance Model (TAM) and the Information System Success Model
(ISSM) to explain user acceptance and intention to use ChatGPT. The sample for
this research consists of undergraduate Accounting students at FEB UGM from the
2020-2023 cohorts who have used ChatGPT. Data was collected through
questionnaires and analyzed using Partial Least Square-Structural Equation
Modeling (PLS-SEM). The results indicate that system quality and information
quality have a positive effect on perceived ease of use and perceived
usefulness. Perceived ease of use also positively affects perceived usefulness
but does not significantly positively affect the attitude toward use.
Furthermore, perceived usefulness and attitude toward use positively affect
behavioral intention to use ChatGPT. These findings suggest that the use of
ChatGPT can enhance the learning process for undergraduate Accounting students
at FEB UGM.
Kata Kunci : Artificial Intelligence, ChatGPT, Technology Acceptance Model, Information System Succes Model, Pembelajaran