Laporkan Masalah

Pengaruh Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Berupa Chatgpt Terhadap Peningkatan Proses Pembelajaran dengan Pengembangan Technology Acceptance Model (TAM) pada Mahasiswa S1 Akuntansi FEB UGM

LISA ALVIANI, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.

2024 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) berupa ChatGPT terhadap peningkatan proses pembelajaran pada mahasiswa S1 Akuntansi FEB UGM. Penelitian ini menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Information System Success Model (ISSM) untuk menjelaskan penerimaan dan intensi pengguna terhadap penggunaan ChatGPT. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi FEB UGM angkatan 2020-2023 yang telah menggunakan ChatGPT. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat. Persepsi kemudahan penggunaan juga berpengaruh positif terhadap persepsi manfaat, tetapi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap sikap penggunaan. Selanjutnya, persepsi manfaat dan sikap penggunaan berpengaruh positif terhadap intensi perilaku penggunaan ChatGPT. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT dapat meningkatkan proses pembelajaran mahasiswa S1 Akuntansi FEB UGM.

This research aims to determine the impact of using Artificial Intelligence (AI) technology in the form of ChatGPT on the enhancement of the learning process among undergraduate Accounting students at FEB UGM. The study employs the Technology Acceptance Model (TAM) and the Information System Success Model (ISSM) to explain user acceptance and intention to use ChatGPT. The sample for this research consists of undergraduate Accounting students at FEB UGM from the 2020-2023 cohorts who have used ChatGPT. Data was collected through questionnaires and analyzed using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results indicate that system quality and information quality have a positive effect on perceived ease of use and perceived usefulness. Perceived ease of use also positively affects perceived usefulness but does not significantly positively affect the attitude toward use. Furthermore, perceived usefulness and attitude toward use positively affect behavioral intention to use ChatGPT. These findings suggest that the use of ChatGPT can enhance the learning process for undergraduate Accounting students at FEB UGM. 

Kata Kunci : Artificial Intelligence, ChatGPT, Technology Acceptance Model, Information System Succes Model, Pembelajaran

  1. S1-2024-454793-abstract.pdf  
  2. S1-2024-454793-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-454793-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-454793-title.pdf