ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PT WOODPLEX MEMASUKI BISNIS WOOD-BASED BUILDING MATERIALS BERUPA PLYWOOD
Fierra Nabella Wijanarko, Prof. Bambang Riyanto LS, MBA, Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
PT. Woodplex ingin melakukan strategi diversifikasi dalam rangka menjaga pertumbuhan usahanya. Diversifikasi menjadi salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menjaga dan meningkatkan pertumbuhan suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan PT Woodplex dalam melakukan strategi diversifikasi pada bisnis wood-based building materials berupa plywood. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa PT Woodplex sudah memiliki sumberdaya dan kemampuan yang mumpuni memasuki bisnis wood-based building materials berupa Plywood melalui pengembangan internal. Rencana PT Woodplex untuk melakukan strategi diversifikasi pada bisnis wood-based building materials berupa plywood melalui pengembangan internal akan menghasilkan long-term shareholder value. Diversifikasi melalui pengembangan internal menjadi strategi alternatif yang tepat untuk menjaga pertumbuhan PT Woodplex. Hal ini dikarenakan strategi ini sangat efektif dan sesuai dengan sumberdaya, kemampuan dan kegiatan produksi yang telah ada pada PT Woodplex sebelumnya. Selain ini melalui pengembangan internal akan menghasilkan long-term shareholder value.
Kata Kunci : Strategi Diversifikasi, Plywood, Industry Attractiveness, Cost of Entry, Value Chain