Video Games Sebagai Transmedia Storytelling ( Studi Fenomenologi Terkait Pengalaman Penyampaian Suatu Narasi atau Cerita Melalui Medium Video Games )
Latu Pambudi Nugraha, Budi Irawanto, M.A., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi
Video game merupakan sumber hiburan pengisi waktu luang yang populer bagi masyarakat dari segala usia, dan kini dengan hadirnya smartphone dapat dimainkan dimana saja. Dengan semakin dikedepankannya fitur online dalam industri video game persepsi masyarakat umum maupun gamers sendiri bahwa games berbasis single-player tidak lagi diminati. Namun belakangan kembali mengemuka video game yang lebih mengedepankan fungsi game sebagai media untuk menyampaikan cerita atau narasi secara interaktif daripada fungsi utama game yang sering dianggap orang sebagai hiburan digital yang mampu memberikan tantangan kepada penggunanya. Para pengamat dan penggemar memperdebatkan apakah video game bisa lebih dari sekadar menjadi mainan elektronik belaka untuk menjadi suatu medium untuk menuturkan suatu kisah atau jalan cerita secara valid. Bagi kebanyakan orang yang tidak terbiasa dengan dunia game, fakta bahwa video games memiliki narasi atau jalan cerita yang bisa disejajarkan dengan media storytelling tradisional seperti buku atau film bisa terdengar cukup aneh. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan penjabaran deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana video game dapat menawarkan sesuatu yang baru dan sahih untuk menjadikannya sebagai media storytelling mainstream yang patut diperhitungakan.
Video games are a popular source of leisure entertainment for people of all ages, and now
with the presence of smartphones can be played anywhere. With online features increasingly
being prioritized in the video game industry, the perception of the general public and gamers
themselves is that single-player-based games are no longer in demand. But lately, video
games have emerged again, emphasizing the function of games as a medium to convey
stories or narratives interactively rather than the main function of games, which is often
considered by people as digital entertainment that is able to provide challenges to its users.
Observers and enthusiasts debate whether video games can go beyond being mere electronic
toys to become a medium for telling a valid story or storyline. For most people unfamiliar
with the world of gaming, the fact that video games have a narrative or storyline that is
comparable to traditional storytelling media such as books or movies can sound quite strange.
The quantitative and descriptive approach used in this research aims to find out how video
games can offer something new and valid to make them a mainstream storytelling medium to
be reckoned with
Kata Kunci : Video Game, Media, Storytelling