Laporkan Masalah

Rencana Pengembangan Bisnis Rumah Makan Madang Enak Berbasis Cloud Kitchen di Yogyakarta

Pandu Baskoro, Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom., Cand.Merc., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Tujuan utama dari penelitian ini adalah merencanakan pengembangan bisnis RM Madang Enak dengan menerapkan konsep cloud kitchen. Perancangan ini dilakukan untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam bisnis kuliner dan memberikan inspirasi bagi pemilik usaha kuliner di Indonesia. Konsep cloud kitchen memiliki potensi besar untuk berkembang di Indonesia karena dapat mengubah cara tradisional tempat makan beroperasi dengan menambahkan nilai investasi yang diperlukan untuk membuka cabang berbasis cloud kitchen.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan survei. Wawancara dilakukan dengan pemilik dan pegawai RM Madang Enak, dengan pertanyaan yang disusun berdasarkan Kanvas Model Bisnis. Peta empati digunakan sebagai acuan dalam penyusunan pertanyaan survei. Responden survei sejumlah empat puluh lima orang pelanggan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling (non-probability sampling). Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif, khususnya analisis konten kualitatif. Selain itu, analisis kuantitatif juga dilakukan dengan menghitung NPV, IRR, dan PP untuk menilai kelayakan pengembangan model bisnis yang diusulkan. Penelitian dilakukan dari tahun 2023 hingga 2024, dengan durasi selama 5 bulan, dan pengumpulan data survei dilakukan dalam rentang waktu 3 minggu.

Hasil penelitian dari kuesioner yang diisi oleh responden menunjukkan bahwa mayoritas pelanggan tertarik untuk menggunakan RM Madang Enak dengan konsep cloud kitchen. Pelanggan memiliki pandangan positif terhadap konsep tersebut, menganggapnya inovatif, praktis, dan ekonomis. Pengembangan Kanvas Model Bisnis difokuskan pada komponen proposisi nilai, saluran distribusi, mitra kunci, aktivitas kunci, serta struktur biaya. Analisis kelayakan ekonomi menunjukkan bahwa nilai NPV sebesar Rp76.349.744, nilai IRR mencapai 200%, dan periode pengembalian investasi adalah selama 8 bulan 2 hari. Dengan demikian, berdasarkan analisis tersebut, pengembangan model bisnis ini layak untuk dilakukan.

The main objective of this research is to plan the business development of RM Madang Enak by implementing the concept of cloud kitchen. This design is carried out to ensure sustainable growth in the culinary business and to inspire culinary business owners in Indonesia. The concept of cloud kitchen has great potential to develop in Indonesia because it can transform the way traditional dining establishments operate by adding the necessary investment value to open branch offices based on cloud kitchens.

This study is a qualitative research that uses data collection methods through interviews and surveys. Interviews were conducted with the owners and employees of RM Madang Enak, with questions formulated based on the Business Model Canvas. Empathy maps were used as a reference in formulating survey questions. The survey respondents consisted of forty-five customers selected using purposive sampling (non-probability sampling). This study uses qualitative data analysis methods, particularly qualitative content analysis. In addition, quantitative analysis is also conducted by calculating NPV, IRR, and PP to assess the feasibility of the proposed business model development. The research was conducted from 2023 to 2024, spanning 5 months, with survey data collection taking place over a period of 3 weeks.

The results of the research from the questionnaires filled out by the respondents indicate that the majority of customers are interested in using RM Madang Enak with the concept of cloud kitchen. Customers have a positive view of the concept, considering it innovative, practical, and economical. The development of the Business Model Canvas focuses on the components of value proposition, distribution channels, key partners, key activities, and cost structure. Economic feasibility analysis shows that the NPV value is Rp76,349,744, the IRR value reaches 200%, and the payback period is 8 months and 2 days. Thus, based on this analysis, the development of this business model is feasible.

Kata Kunci : Kuliner, Rencana Pengembangan Bisnis, Cloud Kitchen

  1. S2-2024-501455-abstract.pdf  
  2. S2-2024-501455-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-501455-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-501455-title.pdf