Laporkan Masalah

Peran Dukungan Sosial dan Konsep Diri Terhadap Pembentukan Self-Esteem Pada Mahasiswa di Universitas Gadjah Mada

ALYCIA BEATRICE BELLINA, Ardian Rahman Afandi, S.Psi., M. Psi., Psikolog

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Mahasiswa mengalami masa-masa transisi dari siswa sekolah menjadi mahasiswa 

di perguruan tinggi yang tentunya mempengaruhi self-esteem mereka. Terdapat dua 

faktor yang mempengaruhi self-esteem, yakni dukungan sosial dan konsep diri. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial dan konsep diri 

terhadap pembentukan self-esteem pada mahasiswa di Universitas Gadjah Mada. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner 

secara online. Terdapat tiga skala yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu RSES, 

MSPSS, dan PSC dengan partisipan penelitian sebanyak 239 mahasiswa yang 

merupakan mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada Angkatan 2020, 2021, 2022, 

dan 2023. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh bahwa dukungan 

sosial dan konsep diri berperan dalam membentuk self-esteem sebesar 51,5%. 

dengan nilai signifikansi 0,001 (p<0>

dapat diterima.


College students experience a transition period from students at school to students 

in college which certainly affects their self-esteem. Social support and self-concept 

are predicted to affecting self-esteem. This study aims to examine the role of social 

support and self-concept towards self-esteem in students of Universitas Gadjah 

Mada. This study uses a quantitative approach using an online questionnaire. 

Three scales used in this study, which are RSES, MSPSS, and PSC with 239 

participants who are students form Universitas Gadjah Mada from classes 2020, 

2021, 2022, and 2023. Based on the results of multiple regression analysis, it is 

found that social support and self-concept played a role in forming self-esteem by 

51,5% with a significance value of 0.001 (<0>

study is accepted.

Kata Kunci : self-esteem, dukungan sosial, konsep diri

  1. S1-2024-455661-abstract.pdf  
  2. S1-2024-455661-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-455661-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-455661-title.pdf