Perencanaan Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) Pada Kawasan Pendidikan Kabupaten Bekasi (Studi Kasus: JalanMT. Haryono)
Alif Mulya Pratama, Prof. Ir. Sigit Priyanto, M.Sc., Ph.D. ; Dr. Eng. Ir. Imam Muthohar, S.T., MT.., IPM.
2024 | Tesis | S2 Mag. S. & T.Transportasi
Jalan MT. Haryono memiliki beberapa sekolah yang terletak di sepanjang ruas jalan tersebut, antara lain SDN Tamansari 01, SDN Tamansari 03, SDN Ciledug 02, SMPN 1 Setu dan SMKN 1 Setu. Jalan MT. Haryono juga merupakan salah satu akses utama angkutan barang dari Kawasan Industri MM2100 menuju Kabupaten Bogor. Belum tersedianyan fasilitas penunjang keselamatan jalan untuk siswa/i seperti trotoar, jalur sepeda hingga fasilitas penyeberangan sehingga perlu dilakukan analisis yang bertujuam untuk mencari kebutuhan fasilitas penunjang keselamatan jalan serta merencanakan rute perjalanan siswa/i yang aman dan selamat dengan mendesain kawasan pendidikan yang berkonsep RASS.
Metode yang digunakan dalam upanya mewujudkan kebutuhan tersebut adalah dengan menerapkan konsep Rute Aman Selamat Sekolah yang berlandaskan kepada Peraturan Menteri Perhubungan No.16 Tahun 2016 yang di dalamnya terdapat penentuan rute pejalan kaki, pesepeda hingga angkutan umum atau sekolah. Selain itu terdapat manajemen kecepatan di sekitar wilayah sekolah untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan di kawasan pendidikan. Metode analisis yang dilakukan adalah analisis PKJI 2023, tabulasi silang (cross tab), pedestrian, deskriptif serta penilaian peringkat bintang keselamatan jalan menggunakan IRAP.
Hasil analisis menunjukan rata-rata kecepatan kendaraan yang melintas adalah 37,34 km/jam dan V/C Ratio pada ruas Jalan MT. Haryono adalah 0,44 dengan Tingkat pelayanan B. Perlunya manajemen batas kecepatan pada kawasan pendidikan dengan menyediakan Zona Selamat Sekolah. Dilakukan analisis untuk menetapkan rute pejalan kaki, pesepeda, hingga angkutan umum/sekolah serta fasilitas penunjang keselamatan yang diperlukan seperti trotoar, fasilitas penyeberangan berupa pelican crossing, serta jalur sepeda dengan marka. Hasil pemeringkatan bintang (star ratings) keselamatan jalan menggunakan International Road Assesment Program (IRAP) di depan sekolah adalah bintang 2 untuk pejalan kaki pada kondisi eksisting dan meningkat menjadi bintang 5 setelah dilakuan usulan sesuai konsep RASS. Rekomendasi yang direncanakan seperti trotoar, jalur sepeda, fasilitas penyeberangan hingga rambu dan marka untuk manajemen kecepatan dapat menurunkan potensi risiko terjadinya kecelakaan yang dialami pelajar.
MT. Haryono Street has several schools located along its stretch, including Tamansari 01 Elementary School, Tamansari 03 Elementary School, Ciledug 02 Elementary School, Setu 1 Junior High School, and Setu 1 Vocational High School. MT. Haryono Street is also one of the main routes for goods transportation from the MM2100 Industrial Area to Bogor Regency. There are currently no road safety facilities for students, such as sidewalks, bicycle lanes, or crossing facilities, which necessitates an analysis aimed at identifying the need for road safety support facilities and planning safe and secure travel routes for students by designing an educational area with the RASS concept.
The method used to analyze these needs involves applying the Safe School Route concept based on the Minister of Transportation Regulation No. 16 of 2016. This regulation includes determining routes for pedestrians, cyclists, and public or school transportation. Additionally, speed management around school areas is implemented to reduce the potential for accidents in educational zones. The analysis methods used include the 2023 PKJI analysis, cross-tabulation analysis, pedestrian analysis, descriptive analysis, and road safety star rating assessment using IRAP.
The analysis results show that the average speed of vehicles passing through is 37.34 km/h, and the V/C Ratio on MT. Haryono Street is 0.44 with a Level of Service B. There is a need for speed limit management in the education area by providing a School Safe Zone. An analysis was conducted to establish pedestrian, cyclist, and public/school transportation routes, as well as the necessary safety support facilities, such as sidewalks, pedestrian crossings like pelican crossings, and marked bicycle lanes. The road safety star rating using the International Road Assessment Program (IRAP) in front of the schools is 2 stars for pedestrians in the existing condition, which increases to 5 stars after implementing proposals based on the RASS concept. Planned recommendations, such as sidewalks, bicycle lanes, pedestrian crossings, and speed management signs and markings, can reduce the potential risk of accidents involving students.
Kata Kunci : RASS, Pejalan Kaki, Pesepeda, Manajemen Kecepatan, IRAP