Laporkan Masalah

Pelindungan Konsumen terhadap Praktik Jual Beli Akun Mitra Ojek Online Aplikasi Gojek

DANIKA FAHMA AJI, Dr. Murti Pramuwardhani Dewi, S.H., M.Hum.

2024 | Skripsi | ILMU HUKUM

        Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen terhadap kerugian yang timbul  dari praktik jual beli akun mitra Gojek yang diberikan kepada konsumen jasa aplikasi Gojek. Tujuan lainnya ialah untuk mengetahui dan menganalisis pertanggungjawaban pihak Gojek apabila terjadi kerugian yang dialami konsumen.

        Penulisan hukum ini bersifat normatif-empiris yaitu dengan menggabungkan metode penelitian normatif yang berupa penelitian kepustakaan dan metode penelitian empiris yang berupa penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan studi literatur untuk mendapatkan data sekunder serta penelitian lapangan dilakukan dengan melakukan wawancara dengan responden berdasarkan pedoman wawancara untuk mendapatkan data primer. Data yang sudah diperoleh berdasarkan hasil penelitian dianalisis dengan metode kualitatif dan dipaparkan dengan metode deskriptif.

        Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, didapatkan beberapa kesimpulan. Pertama, pihak Gojek telah memberikan pelindungan hukum secara preventif dan represif kepada konsumen yang mengalami kerugian, tetapi belum memberikan pelindungan represif bagi konsumen berkaitan dengan tindakan hukum bagi pelaku kejahatan oknum driver Gojek maupun mitra Gojek. Kedua, pihak Gojek bertanggungjawab kepada konsumen yang mengalami kerugian akibat dari jual beli akun mitra Gojek, sedangkan tindakan hukum bagi pelaku bukanlah tanggungjawab pihak Gojek.

        This legal research aims to find out and analyze the implementation of legal protection for consumers against losses arising from the practice of Gojek partner accounts sale is provided to consumers of Gojek application services. This legal research also aims to find out and analyze the liability of PT GoTo Gojek Tokopedia in the case of losses suffered by consumers.

        This legal research is normative-empirical, by combining normative research methods in the form of library research and empirical research methods in the form of field research. Library research is conducted by studying literature to obtain secondary data and field research is conducted by interviews with respondents based on interview guidelines to obtain primary data. The data that has been obtained based on the results of the research is analyzed with qualitative methods and presented with descriptive methods.

        Based on the results of the research, there are some conclusions that could be taken. Firstly, PT GoTo Gojek Tokopedia has provided both preventive and repressive legal protections to consumers who have suffered losses, but has not yet provided repressive protection for consumers related to legal actions against individual Gojek drivers or Gojek partners. Secondly, PT GoTo Gojek Tokopedia is responsible for consumers who suffer losses as a result of the of Gojek partner accounts sale, whereas legal actions against the perpetrators Gojek drivers or Gojek partners are not the responsibility of Gojek.

Kata Kunci : Pelindungan konsumen, hak konsumen, kewajiban pelaku usaha, kerugian konsumen, jual beli akun mitra Gojek./Consumer protection, consumer rights, business obligations, consumer losses, Gojek partner accounts sale.

  1. S1-2024-458703-abstract.pdf  
  2. S1-2024-458703-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-458703-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-458703-title.pdf