Perancangan Model Bisnis Ces et Aqua Toko Aquascape dan Ikan Hias Yogyakarta
Alex Jonathan Sinaga, Rocky Adiguna, SE., M.Sc., Ph.D
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Ces et
Aqua adalah sebuah bisnis perikanan khususnya aquascape bergerak dalam mendekorasi
aquascape sehingga menghadirkan ruang kreatif antara pelanggan dan aquascaper
dalam menuangkan ide-idenya. Aquascape memiliki banyak ruang yang
dapat dieksplor dan dapat disesuaikan dengan keinginan dalam mendesain. Desain
dapat dilakukan dengan menerapkan tema yang diinginkan, komponen pendukung
serta bahan yang disesuaikan sehingga menghasilkan aquascape yang indah.
Selain sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif yang menghasilkan
pemandangan yang indah, aquascape juga berfungsi untuk mengurangi stres
disebabkan kepadatan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari. Ces et Aqua juga
mengadopsi nilai ekonomi sirkular dimana produk yang diproduksi memanfaatkan
limbah atau sampah elektronik seperti televisi dan dispenser menjadi barang
yang bernilai. Namun, masih diperlukan kajian lebih lanjut mengenai model
bisnis yang tepat bagi Ces et Aqua sebagai dasar dalam menjalankan kegiatan
bisnis. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian untuk merancang model bisnis dari
Ces et Aqua berdasarkan benchmarking pada bisnis serupa, peta empati
calon pelanggan, dan kelayakan model bisnis Ces et Aqua.
Pada
penelitian ini digunakan metode kualitatif yang didukung dengan metode
kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari
wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada lima narasumber calon
pelanggan yang potensial didasarkan pada peta empati, dilanjutkan wawancara
kepada dua narasumber bisnis serupa berdasarkan kanvas model bisnis. Hasil
wawancara dengan narasumber calon pelanggan dianalisis dengan analisis konten
untuk memperoleh kekhawatiran dan keinginan calon pelanggan membentuk peta
empati yang dibutuhkan serta kanvas nilai proposisi yang akan dibentuk
perusahaan. Wawancara dengan pemilik bisnis serupa dianalisis dengan analisis
konten dan diintrepretasikan dalam sembilan blok Kanvas Model Bisnis. Metode
kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menguji kelayakan bisnis Ces et
Aqua dengan menghitung Net Present Value (NPV), Internal Rate of
Return (IRR), dan Payback Period (PP).
Penelitian
ini menghasilkan peta empati calon pelanggan dan kanvas nilai proposisi Ces et
Aqua serta rancangan model bisnis dari Ces et Aqua. Calon pelanggan merasa
tertarik dengan adanya inovasi yang baru serta kemudahan dalam memilih bahan,
komponen, ataupun rekomendasi dari para aquascaper karena memberikan
akses kemudahan bagi calon pelanggan dalam memilih serta produk baru yang belum
banyak. Selain itu, berdasarkan analisis kelayakan bisnis secara finansial,
diperoleh nilai NPV sebesar Rp 70.098.844, nilai IRR sebesar 89?n nilai PP
sebesar 1,396 yang berarti investasi yang dikeluarkan akan kembali selama 1
tahun dan 4 bulan. Sehingga dapat disimpulkan, berdasarkan analisis kelayakan
finansial tersebut dapat dikatakan bisnis Ces et Aqua layak untuk dijalankan.
Ces
et Aqua is a fisheries business specializing in aquascaping, focused on
decorating aquascapes to create a creative space between customers and
aquascapers in expressing their ideas. Aquascape offers various exploratory
spaces that can be customized according to design preferences. Designing can be
achieved by applying desired themes, supporting components, and tailored
materials to produce beautiful aquascapes. In addition to facilitating creative
expression and creating beautiful landscapes, aquascaping also helps alleviate
stress from work and daily routines. Ces et Aqua also adopts circular economic
values where products utilize electronic waste such as televisions and water
dispensers, transforming them into valuable commodities. However, further
studies are needed regarding the appropriate business model for Ces et Aqua as
the foundation for conducting business activities. Therefore, research is
conducted to design a business model for Ces et Aqua based on benchmarking
similar businesses, customer empathy maps, and the feasibility of Ces et Aqua's
business model. In this research, a qualitative approach complemented by
quantitative techniques is applied. The data sources used are primary data
obtained from interviews and observations. Interviews were conducted with five
potential customer informants based on empathy maps, followed by interviews
with two similar business informants based on the business model canvas. The
results of interviews with potential customer informants were analyzed using
content analysis to obtain concerns and desires of potential customers in
forming necessary empathy maps and value propositions that will be formed by
the company. Interviews with similar business owners were analyzed using
content analysis and interpreted into nine blocks of the Business Model Canvas.
The qualitative method is used in this study to test the feasibility of Ces et
Aqua's business by calculating Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return
(IRR), and Payback Period (PP).
This
study generates empathy maps of potential customers and Ces et Aqua's value
proposition canvas as well as the business model design of Ces et Aqua.
Potential customers are enthusiastic about new innovations and the convenience
of choosing materials, components, or recommendations from aquascapers
because it provides easy access for potential customers to select new and less
commonly available products. In addition, based on financial feasibility
analysis, an NPV value of Rp 70,098,844, an IRR value of 89%, and a PP value of
1.396 are obtained, which means that the investment will return within 1 year
and 4 months. Therefore, it can be concluded that based on the financial
feasibility analysis, Ces et Aqua's business is feasible to be implemented.
Kata Kunci : Rancangan Model Bisnis, Aquascape, Analisis Kelayakan Finansial