Laporkan Masalah

Perancangan Model Bisnis Ces et Aqua Toko Aquascape dan Ikan Hias Yogyakarta

Alex Jonathan Sinaga, Rocky Adiguna, SE., M.Sc., Ph.D

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Ces et Aqua adalah sebuah bisnis perikanan khususnya aquascape bergerak dalam mendekorasi aquascape sehingga menghadirkan ruang kreatif antara pelanggan dan aquascaper dalam menuangkan ide-idenya. Aquascape memiliki banyak ruang yang dapat dieksplor dan dapat disesuaikan dengan keinginan dalam mendesain. Desain dapat dilakukan dengan menerapkan tema yang diinginkan, komponen pendukung serta bahan yang disesuaikan sehingga menghasilkan aquascape yang indah. Selain sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif yang menghasilkan pemandangan yang indah, aquascape juga berfungsi untuk mengurangi stres disebabkan kepadatan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari. Ces et Aqua juga mengadopsi nilai ekonomi sirkular dimana produk yang diproduksi memanfaatkan limbah atau sampah elektronik seperti televisi dan dispenser menjadi barang yang bernilai. Namun, masih diperlukan kajian lebih lanjut mengenai model bisnis yang tepat bagi Ces et Aqua sebagai dasar dalam menjalankan kegiatan bisnis. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian untuk merancang model bisnis dari Ces et Aqua berdasarkan benchmarking pada bisnis serupa, peta empati calon pelanggan, dan kelayakan model bisnis Ces et Aqua.

Pada penelitian ini digunakan metode kualitatif yang didukung dengan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada lima narasumber calon pelanggan yang potensial didasarkan pada peta empati, dilanjutkan wawancara kepada dua narasumber bisnis serupa berdasarkan kanvas model bisnis. Hasil wawancara dengan narasumber calon pelanggan dianalisis dengan analisis konten untuk memperoleh kekhawatiran dan keinginan calon pelanggan membentuk peta empati yang dibutuhkan serta kanvas nilai proposisi yang akan dibentuk perusahaan. Wawancara dengan pemilik bisnis serupa dianalisis dengan analisis konten dan diintrepretasikan dalam sembilan blok Kanvas Model Bisnis. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menguji kelayakan bisnis Ces et Aqua dengan menghitung Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PP).

Penelitian ini menghasilkan peta empati calon pelanggan dan kanvas nilai proposisi Ces et Aqua serta rancangan model bisnis dari Ces et Aqua. Calon pelanggan merasa tertarik dengan adanya inovasi yang baru serta kemudahan dalam memilih bahan, komponen, ataupun rekomendasi dari para aquascaper karena memberikan akses kemudahan bagi calon pelanggan dalam memilih serta produk baru yang belum banyak. Selain itu, berdasarkan analisis kelayakan bisnis secara finansial, diperoleh nilai NPV sebesar Rp 70.098.844, nilai IRR sebesar 89?n nilai PP sebesar 1,396 yang berarti investasi yang dikeluarkan akan kembali selama 1 tahun dan 4 bulan. Sehingga dapat disimpulkan, berdasarkan analisis kelayakan finansial tersebut dapat dikatakan bisnis Ces et Aqua layak untuk dijalankan.

Ces et Aqua is a fisheries business specializing in aquascaping, focused on decorating aquascapes to create a creative space between customers and aquascapers in expressing their ideas. Aquascape offers various exploratory spaces that can be customized according to design preferences. Designing can be achieved by applying desired themes, supporting components, and tailored materials to produce beautiful aquascapes. In addition to facilitating creative expression and creating beautiful landscapes, aquascaping also helps alleviate stress from work and daily routines. Ces et Aqua also adopts circular economic values where products utilize electronic waste such as televisions and water dispensers, transforming them into valuable commodities. However, further studies are needed regarding the appropriate business model for Ces et Aqua as the foundation for conducting business activities. Therefore, research is conducted to design a business model for Ces et Aqua based on benchmarking similar businesses, customer empathy maps, and the feasibility of Ces et Aqua's business model. In this research, a qualitative approach complemented by quantitative techniques is applied. The data sources used are primary data obtained from interviews and observations. Interviews were conducted with five potential customer informants based on empathy maps, followed by interviews with two similar business informants based on the business model canvas. The results of interviews with potential customer informants were analyzed using content analysis to obtain concerns and desires of potential customers in forming necessary empathy maps and value propositions that will be formed by the company. Interviews with similar business owners were analyzed using content analysis and interpreted into nine blocks of the Business Model Canvas. The qualitative method is used in this study to test the feasibility of Ces et Aqua's business by calculating Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), and Payback Period (PP).

This study generates empathy maps of potential customers and Ces et Aqua's value proposition canvas as well as the business model design of Ces et Aqua. Potential customers are enthusiastic about new innovations and the convenience of choosing materials, components, or recommendations from aquascapers because it provides easy access for potential customers to select new and less commonly available products. In addition, based on financial feasibility analysis, an NPV value of Rp 70,098,844, an IRR value of 89%, and a PP value of 1.396 are obtained, which means that the investment will return within 1 year and 4 months. Therefore, it can be concluded that based on the financial feasibility analysis, Ces et Aqua's business is feasible to be implemented.

Kata Kunci : Rancangan Model Bisnis, Aquascape, Analisis Kelayakan Finansial

  1. S2-2024-490536-abstract.pdf  
  2. S2-2024-490536-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-490536-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-490536-title.pdf