Framing Berita Petani Milenial Jawa Barat sebagai Agen Pembangunan Pertanian pada Stasiun Televisi Nasional di Indonesia
SANDITHA SETYA WISAKSANTI, Mesalia Kriska, SP., M.Sc.; Dr. Ir. Roso Witjaksono, MS.
2024 | Skripsi | PENYULUHAN & KOMUNIKASI PERTANIAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi framing berita Program Petani Milenial Jawa Barat sebagai agen pembangunan pertanian pada stasiun televisi nasional di Indonesia. Metode dasar yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui analisis framing model Pan dan Kosicki yang mengacu pada empat struktur analisis yaitu sintaksis, skrip, retoris, dan tematik. Setelah melakukan analisis secara mendalam maka didapatkan hasil bahwa pada struktur sintaksis sebagian besar berita menggunakan prinsip piramida terbalik, pada struktur skrip unsur 5W1H tidak seluruhnya lengkap, tidak seluruh berita memuat tematik yang lengkap, serta terdapat penggunaan retoris pada pilihan kata dan pernyataan. Framing pemberitaan Program Petani Milenial Jawa Barat oleh iNews TV, Metro TV, Kompas TV, dan tvOne disesuaikan dengan gaya penyajiannya tersendiri. iNews TV menyoroti keberhasilan dan manfaat Program Petani Milenial, serta pentingnya investasi dalam pendidikan dan pelatihan bagi petani muda dalam menghadapi tantangan pertanian masa depan. Metro TV menyoroti perubahan sosial terkait fenomena migrasi anak muda dari pekerjaan kantoran ke sektor pertanian sebagai respons terhadap disrupsi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Kompas TV menyoroti peningkatan ekonomi melalui pemasaran gula aren hingga ke pasar dunia. tvOne menyoroti latihan bimbingan teknis dalam sektor pertanian dan pemanfaatan teknologi dalam proses pertanian, termasuk sertifikasi halal dan IPRT. Sementara itu, framing berita agen pembangunan pertanian mengacu pada indikator teknologi, ekonomi, dan sosial.
Kata Kunci : analisis framing, pembangunan pertanian, petani milenial, jawa barat, stasiun televisi