Demokrasi Elektoral di Indonesia Melihat Terbentuknya Narasi Anies dalam Rangka Pemilu 2024 Melalui Pemberitaan Detikcom, Metrotvnews dan Google News
ARYA YUDHA ANDREA, Gregorius Ragil Wibawanto M.A.
2024 | Skripsi | S1 SOSIOLOGI
Penggunaan media massa digital meningkat cukup tinggi terutama pada lanskap
demokrasi elektoral di Indonesia pasca Jokowi menjadi Gubernur Jakarta tahun 2012.
Penelitian ini secara keseluruhan akan melihat bagaimana sentimen dan topik yang dibahas
dalam dinamika Pemilu 2024 pada media massa digital. Terdapat dua website berita
(Detikcom dan Metrotvnews) dan pencarian acak melalui Google News. Menggunakan
pemikiran Michel Foucault penelitian melihat sentimen dan topik yang hadir dalam diskursus
demokrasi elektoral pada media massa digital di Indonesia melalui konteks Pemilu 2024.Pada
ranah metodologis terdapat dua teknik analisis yang digunakan, pertama IndoLEM dan
IndoBert yang digunakan untuk menganalisis sentimen, kedua LDA yang digunakan untuk
klusterisasi topik. Temuan yang ada pada penelitian ini menunjukkan jika terdapat tiga topik
LDA yang dominan dan satu topik yang tidak terklusterisasi. Keseluruhan topik memiliiki
sentimen positif dan narasi identitas yang cukup kuat.
The use of digital mass media has increased quite significantly, especially in the democratic
electoral landscape in Indonesia after Jokowi became Governor of Jakarta in 2012. This
research as a whole will look at the sentiments and topics discussed in the dynamics of the
2024 Election on digital mass media. There are two news websites (Datikcom and
Metrotvnews) and random searches via Google News. Using Michel Foucault's thoughts, the
research looks at the sentiments and topics present in the electoral democracy discourse on
digital mass media in Indonesia through the context of the 2024 Election. In the
methodological realm there are two analytical techniques used, first IndoLEM and IndoBert
7
which are used to analyze sentiment, secondly LDA is used for topic clusterization. The
findings in this research show that there are three dominant LDA topics and one topic that is
not clustered. The whole topic has a positive sentiment and a fairly strong identity narrative.
Kata kunci: demokrasi elektoral, sentimen analisis, topik modelling, media massa digital,
NLP
Kata Kunci : Anies Baswedan, CDA, Digital Media, Detikcom, Metrotvnews, NLP, Pemilu 2024