Perilaku Konsumtif Belanja Online Kelompok Masyarakat Generasi Z Pada E-Commerce di Jakarta Timur
Eroz Kamal, Prof. Dr. Setiadi, M.Si.
2024 | Skripsi | ANTROPOLOGI BUDAYA
Skripsi tentang perilaku konsumtif belanja online Generasi Z pada e-commerce di Jakarta Timur yang dilakukan penulis memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan serta pola perilaku Generasi Z di Jakarta Timur dalam aktivitas belanja online di e-commerce dan untuk mengetahui tentang apa saja yang melatarbelakangi perilaku konsumtif mereka tersebut. Lokasi penelitian dari penulisan skripsi ini bertempat di Jakarta Timur yang juga merupakan domisili asli penulis, diusung menjadi lokasi penelitian karena memiliki jumlah populasi tertinggi di antara wilayah Jakarta yang lainnya dan persebaran penduduknya merata. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi literatur. Wawancara dilakukan kepada lima orang informan yang dengan range umur 22-23 tahun dan berdomisili di Jakarta Timur. Wawancara dengan dua informan dilakukan secara tatap muka, sedangkan dengan tiga informan lainnya melalui telepon. Pada proses wawancara, kelima informan diajukan 12 pertanyaan yg bersifat ‘general’ tentang e-commerce, lalu dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang lebih personal guna mengetahui pola konsumtif para informan sebagai perwakilan dari Generasi Z Jakarta Timur secara mendalam. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keunggulan dan fitur sebuah platform e-commerce menjadi salah satu pertimbangan bagi Generasi Z di Jakarta Timur untuk bertransaksi di dalamnya, pengaruh sosio-ekonomi dan kultural juga berperan penting dalam mempengaruhi Generasi Z di Jakarta Timur memilih platform e-commerce, serta alasan Generasi Z di Jakarta Timur memilih platform e-commerce tertentu dalam kegiatan belanja online berkaitan dengan kepraktisan dan perubahan kondisi sosial-ekonomi.
This thesis about the consumer behavior of online shopping of Generation Z in e-commerce in East Jakarta aims to find out the views and behavioral patterns of Generation Z in East Jakarta in online shopping activities in e-commerce and to find out what is behind their consumer behavior. The research location for writing this thesis is located in East Jakarta, which is also the author's original domicile. It was chosen as the research location because it has the highest population among other areas of Jakarta and the population is evenly distributed. The research method used in this thesis is a qualitative research method by collecting data using observation, interview and literature study techniques. Interviews were conducted with five informants with age between 22-23 years and domiciled in East Jakarta. Interviews with two informants were conducted face to face, while with the other three informants by telephone. During the interview process, the five informants were asked 12 'general' questions about e-commerce, then continued with more personal questions in order to understand the consumption patterns of the informants as representatives of Generation Z in East Jakarta in depth. The research results obtained show that the advantages and features of an e-commerce platform are one of the considerations for Generation Z in East Jakarta when making transactions on it, socio-economic and cultural influences also play an important role in influencing Generation Z in East Jakarta to choose an e-commerce platform , as well as the reasons Generation Z in East Jakarta chooses certain e-commerce platforms for online shopping activities related to practicality and changing socio-economic conditions.
Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Belanja Online, Generasi Z, E–Commerce