Analisis Persepsi Publik terhadap Isi Konten Komunitas dan Influencer Bidang Lingkungan pada Platform Instagram
FANNI SEPHIA MAHESWARI, Media Wahyudi Askar, S.I.P., M.Sc, Ph.D.
2024 | Skripsi | ILMU ADMINISTRASI NEGARA (MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK)
Permasalahan sampah di Indonesia menjadi permasalahan yang krusial karena setiap harinya jumlah sampah meningkat. Adanya fenomena tersebut, hadir sebuah komunitas dan influencer yang bergerak di bidang lingkungan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat dengan membagikan konten di platform Instagram. Oleh karena itu, penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis konten aksi dan edukasi dari dua influencer dan tiga komunitas di bidang lingkungan berdasarkan komentar yang disampaikan oleh masyarakat melalui platform Instagram. Metode yang digunakan adalah metode content analysis dengan pendekatan netnografi.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah keseluruhan komentar yang bersifat positif lebih banyak dibandingkan komentar yang bersifat negatif dan komentar tersebut dianalisis berdasarkan empat aspek lingkungan diantaranya adalah aspek lingkungan pemerintahan, aspek lingkungan pasar, aspek lingkungan hukum, dan aspek lingkungan kultural.
Kata Kunci : persepsi publik, empat aspek lingkungan, konten instagram, public perception, four environment aspects, instagram contents