Laporkan Masalah

Penggunaan Media dalam Diseminasi Nilai-nilai Budaya (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Diseminasi Nilai-nilai Sumbu Filosofi pada Tahun 2022-2023)

Isnaini Destyfitriana, Media Utilization, Dissemination, Cultural Values, Yogyakarta Philosophical Axis, Yogyakarta Cultural Office

2024 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Nilai Budaya Sumbu Filosofi Yogyakarta menjadi salah satu nilai budaya yang penting dan menjadi bagian dari keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Terlebih dengan pengajuan Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO. Nilai budaya ini perlu terus disampaikan sehingga membangun dan menjaga persepsi akan pentingnya nilai budaya ini di kehidupan masyarakat. Penggunaan media perlu dioptimalisasi guna membentuk persepsi masyarakat terlebih generasi muda akan pentingnya nilai budaya ini. Pemerintah DI Yogyakarta khususnya Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta melakukan berbagai upaya dalam rangka diseminasi nilai budaya ini pada masyarakat, termasuk menggunakan media komunikasi. Penelitian ini akan membahas penggunaan media oleh Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta dalam diseminasi nilai budaya Sumbu Filosofi Yogyakarta. Penggunaan media ini dibagi menjadi kerjasama dengan media online dan penggunaan media sosial guna menyampaikan nilai budaya ini kepada masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara dan dokumentasi pada media komunikasi yang digunakan seperti unggahan dan publikasi media.

The cultural values of the Yogyakarta Philosophical Axis are considered crucial and form part of the uniqueness of the Special Region of Yogyakarta. This significance is further underscored by the submission of the Yogyakarta Philosophical Axis as a UNESCO World Cultural Heritage. These cultural values need to be continuously conveyed to build and maintain awareness of their importance in society. The utilization of media needs to be optimized to shape public perceptions, particularly among the younger generation, regarding the significance of these cultural values. The Yogyakarta Regional Government, especially the Yogyakarta Cultural Office, has made various efforts to disseminate these cultural values to the public, including through the use of communication media. This study will discuss the utilization of media by the Yogyakarta Cultural Office in disseminating the cultural values of the Yogyakarta Philosophical Axis. The use of media is divided into collaborations with online platforms and the use of social media to convey these cultural values to the public. Data collection is conducted through interview processes and documentation of communication media used such as uploads and media publications.

Kata Kunci : Penggunaan Media, Diseminasi, Nilai Budaya, Sumbu Filosofi Yogyakarta, Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta

  1. S1-2024-446112-abstract.pdf  
  2. S1-2024-446112-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-446112-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-446112-title.pdf