Analisis Strategi Komunikasi Program EVOLUTION Pupuk Kaltim dalam Mewujudkan Aspek ESG
AHMAD MIKAL, Jusuf Ariz Wahyuono, S.I.P., MA.
2024 | Skripsi | Ilmu Komunikasi
Lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environment, Social, Governance) menjadi fokus utama banyak perusahaan terutama pada perusahaan industri. Pupuk Kaltim, sebagai salah satu perusahaan yang telah menerapkan ESG dalam proses bisnisnya, memahami bahwa industri ini memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan dan masyarakat. Salah satu komitmen PT Pupuk Kaltim dalam hal ini adalah menjalankan program CSR yaitu program EVOLUTION (Employee Voluntary Initiation). Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana departemen CSR PT Pupuk Kaltim, sebagai bagian dari program ini, telah mengembangkan strategi komunikasi yang membantu perusahaan dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip ESG. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis data untuk mengidentifikasi strategi komunikasi yang digunakan oleh PT Pupuk Kaltim dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip ESG. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mereka telah mengimplementasikan semua tim komunikasi secara efektif dan mengikuti strategi komunikasi terbaik.
Environment, social, and governance (ESG) have become the main focus of many companies, especially industrial companies. Pupuk Kaltim, as one of the companies that has implemented ESG in its business process, understands that this industry has a significant impact on the environment and society. One of PT Pupuk Kaltim's commitments in this regard is to run a CSR program, namely the EVOLUTION (Employee Voluntary Initiation) program. This research aims to understand how PT Pupuk Kaltim's CSR department, as part of this program, has developed a communication strategy that assists the company in implementing ESG principles. This research uses qualitative research methods and data analysis to identify the communication strategies used by PT Pupuk Kaltim in implementing ESG principles. This research concludes that they have implemented all communication teams effectively and followed the best communication strategy.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility; Environmental, Social, and Governance ; Strategi Komunikasi; PT. Pupuk Kaltim