Laporkan Masalah

Resiliensi Sekolah Dasar Inklusi di Yogyakarta dalam Menghadapi Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19

Indri Tedja Tyasning, Drs. Hendrie Adji Kusworo, M.Sc., Ph.D

2024 | Tesis | S2 PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN

Indri Tedja Tyasning, Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada. Resiliensi Sekolah Dasar Inklusi di Yogyakarta dalam Menghadapi Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Pembimbing: Drs. Hendrie Adji Kusworo, M.Sc., Ph.D.

Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kebijakan tersebut menyebabkan perubahan dalam sistem pembelajaran di Indonesia sehingga sekolah perlu beradaptasi, termasuk sekolah inklusi. Hal ini merupakan tantangan bagi sekolah inklusi, mengingat siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) memiliki kebutuhan khusus dalam pembelajaran. 

Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di SD Negeri Giwangan Yogyakarta yang merupakan salah satu sekolah rintisan inklusi di Kota Yogyakarta. Penelitian ini berfokus pada resiliensi sekolah sebagai institusi pendidikan dalam menerapkan strategi dan langkah-langkah pembelajaran untuk siswa inklusi pada masa pembelajaran jarak jauh. 

Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sekolah mempertahankan fungsinya dalam pembelajaran dengan sistem pembelajaran luring dan daring, pembelajaran untuk siswa ABK dilakukan sesuai dengan kebutuhan mereka. Hasil lainnya yang diperoleh adalah orang tua berperan penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran selama masa pandemi. 


(Kata kunci: resiliensi, sekolah inklusi, pembelajaran jarak jauh, pandemi covid-19)



Indri Tedja Tyasning, Department of Social Development and Welfare, Postgraduate Faculty of Social and Political Sciences, Gadjah Mada University. Resilience of Inclusive Primary School in Yogyakarta in Facing Distance Learning Policy during Covid-19 Pandemic. Supervisor: Drs. Hendrie Adji Kusworo, M.Sc., Ph.D

In 2020, the Ministry of Education and Culture issued Circular Letter Number 4 of 2020 about the Implementation of Education Policies in the Emergency Period during the Spread of Corona Virus Disease (Covid-19). This policy causes changes in learning system in Indonesia, as of schools need to adapt, including inclusive schools. This is a challenge for inclusive schools, considering students with special needs require special needs in learning.

This research took place at SD Negeri Giwangan Yogyakarta, which is one of the inclusive pilot schools in Yogyakarta City. This research focuses on the resilience of schools as educational institution in implementing learning strategisy

This research using qualitative method by using observation, interview, and documentation for data collecting method. 

The results of this research is the school maintain its function during the remote learning period by implementing hybrid learning system, online and offline. The learning process for students with special needs carried out according to their learning requirements. Another result shows that parents played important role in helping implementing the learning process during pandemic. 


(Keyword: resilience, inclusive school, remote learning, covid-19 pandemi)


Kata Kunci : resiliensi, sekolah inklusi, pembelajaran jarak jauh, pandemi covid-19

  1. S2-2024-453143-abstract.pdf  
  2. S2-2024-453143-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-453143-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-453143-title.pdf