Laporkan Masalah

RANCANGAN MODEL BISNIS SEMAR FARM HIDROPONIK BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BANTUL YOGYAKARTA

Amir Muttaqin Shochibul Wafa, Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom., Cand.Merc., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Semar Farm adalah budi daya hidroponik berbasis pemberdayaan masyarakat. Namun, masih perlu dilakukan kajian lebih lanjut mengenai model bisnis yang tepat sebagai pedoman dalam menjalankan bisnis ini di masa depan. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu untuk menganalisis peta empati calon konsumen, merancang model bisnis, serta menganalisis kelayakan model bisnis Semar Farm.


Penelitian ini dimulai pada Desember 2022 hingga September 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didukung dengan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan, yaitu data primer yang didapat dari hasil survei dan wawancara. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada orang-orang yang mengonsumsi sayuran organik. Kemudian, hasilnya dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif untuk menjelaskan peta empati calon pelanggan. Analisis peta empati dapat memperkuat blok proposisi nilai, saluran, dan hubungan pelanggan pada model bisnis Semar Farm. Selain survei, wawancara juga dilakukan kepada dua sumber, yaitu narasumber perusahaan dan narasumber individu. Narasumber perusahaan terdiri dari para pendiri perusahaan yang bergerak di bidang pertanian hidroponik, sedangkan narasumber individu merupakan orang yang pernah membeli sayuran organik sebelumnya. Adapun hasil dari wawancara dianalisis menggunakan analisis konten. Kemudian, hasil analisis tersebut diinterpretasikan menjadi sembilan blok kanvas model bisnis. Metode kuantitatif dalam penelitian ini juga digunakan untuk menguji kelayakan bisnis Semar Farm dengan menghitung net present value (NPV), internal rate of return (IRR), dan payback period (PP).

Dari hasil penelitian didapatkan profil dan kebutuhan calon konsumen serta rancangan model bisnis yang sesuai untuk Semar Farm. Proposisi nilai yang ditawarkan, antara lain menyediakan sayuran organik yang bervariasi, kualitas produk sayuran organik yang baik, kemudahan pemesanan produk sayuran organik, dan layanan pengiriman. Berdasarkan analisis kelayakan ekonomi yang dilakukan, nilai NPV yang diperoleh mencapai Rp327.760.586,00. Kemudian, nilai IRR yang didapat, yaitu 422?n nilai PP sebesar 0,31. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model bisnis Semar Farm layak untuk diimplementasikan.

Semar Farm is a community empowerment-based hydroponic farm. However, it is still necessary to conduct further studies on the right business model as a guide in running this business in the future. Therefore, this research has three objectives, namely to analyze the empathy map of potential customers, design a business model, and analyze the feasibility of Semar Farm's business model.


This research started in December 2022 and ended in September 2023. This research uses qualitative methods supported by quantitative methods. The data source used, namely primary data obtained from survey results and interviews. The survey was conducted by distributing questionnaires to people who consume organic vegetables. Then, the results were analyzed using descriptive statistical analysis to explain the empathy map of potential customers. Empathy map analysis can strengthen the value proposition blocks, channels, and customer relationships in the Semar Farm business model. In addition to the survey, interviews were also conducted with two sources, namely company resource persons and individual resource persons. The company interviewees consisted of founders of companies engaged in hydroponic farming, while the individual interviewees were people who had bought organic vegetables before. The results of the interviews were analyzed using content analysis. Then, the results of the analysis were interpreted into nine blocks of the business model canvas. The quantitative method in this research is also used to test the business feasibility of Semar Farm by calculating the net present value (NPV), internal rate of return (IRR), and payback period (PP).


From the research results, the profile and needs of potential customers were obtained as well as the design of a suitable business model for Semar Farm. The value propositions offered include providing a variety of organic vegetables, good quality organic vegetable products, ease of ordering organic vegetable products, and delivery services. Based on the economic feasibility analysis conducted, the NPV value obtained reached Rp327,760,586.00. Then, the IRR value obtained is 422% and the PP value is 0.31. Therefore, it can be concluded that Semar Farm's business model is feasible to implement.

Kata Kunci : Rancangan Model Bisnis, Pemberdayaan Masyarakat, Hidroponik

  1. S2-2024-490342-abstract.pdf  
  2. S2-2024-490342-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-490342-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-490342-title.pdf