Perancangan Model Bisnis Website Penjualan Sapi dan Daging Sapi "I Meat You"
Deasy Rike Rahmawati, Boyke Rudy Purnomo, S.E., M.M., PhD., CFP.,
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Subsektor
peternakan bermanfaat dalam peningkatan status gizi masyarakat Indonesia,
khususnya dalam pemenuhan protein hewani. Salah satu sumber protein hewani yang
biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah daging sapi. Menurut
Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECS) mencatat konsumsi
daging sapi di Indonesia masih rendah yaitu sebesar 2.2 kg per kapita pada
tahun 2021. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi daging sapi di
Indonesia. Salah satu faktornya adalah Indonesia masih mengalami defisit untuk
ketersediaan daging sapi dan kerbau yaitu sebesar 258.69 ton. Produksi daging
sapi dan kerbau masih rendah yaitu sebesar 436.70 ribu ton dibandingkan dengan
kebutuhan daging sebesar 695.39 ribu ton. Selain itu, konsumsi per kapita
daging sapi masih rendah dikarenakan harga daging sapi yang relatif tinggi
sehingga sulit dijangkau oleh kalangan masyarakat tertentu. Rantai distribusi
penjualan dari peternak hingga ke konsumen akhir juga masih sangat panjang. Hal
ini membuat harga daging sapi menjadi mahal. Oleh karena itu perlunya suatu
jasa berupa website yang dapat memberikan layanan yang dapat menghubungkan
antara penjual dan pembeli secara lebih mudah dan praktis tanpa adanya pihak
ketiga. I Meat You hadir dengan memberikan layanan serta fitur jual-beli sapi
dan daging sapi secara online dan dapat memberikan kemudahan transaksi secara
aman. Transaksi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui perangkat
apapun.
Penelitian
ini bertujuan untuk merancang model bisnis penjualan sapi dan daging sapi I
Meat You serta menganalisis kelayakan bisnis I Meat You secara Finansial.
Metode penelitian data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan
wawancara. Data yang diperoleh dirangkum dan digunakan untuk menghasilkan peta
empati dan lean canvas sebagai model perencanaan bisnis yang membantu
pengembangan website I Meat You.
Berdasarkan
hasil proyeksi kelayakan investasi diperoleh Net Present Value sebesar
Rp 76.953.438, nilai Internal Rate of Return sebesar 28?n Payback
Period selama 2 tahun 5 bulan pada skenario normal. Dalam skenario optimis
diperoleh NPV sebesar Rp 187.160.303, nilai IRR sebesar 50%, dan PP selama 1
tahun 5 bulan. Sedangkan dalam skenario pesimis diperoleh NPV sebesar Rp
6.913.712, nilai IRR sebesar 14%, dan PP selama 3 tahun 4 bulan. Kesimpulan
dalam penelitian ini dari ketiga skenario yang dihasilkan, Net Present Value,
Payback Period, dan Internal Rate of Return menunjukkan hasil
positif dalam proyeksi kelayakan investasi maka website I Meat You layak
dijalankan.
The livestock sector is
beneficial in improving the nutritional status of the Indonesian population,
especially in meeting animal protein needs. One common source of animal protein
consumed by the Indonesian people is beef. According to the Organization for
Economic Cooperation and Development (OECD), beef consumption in Indonesia is
still low, at 2.2 kg per capita in 2021. Several factors contribute to this low
consumption, one of which is the deficit in the availability of beef and
buffalo, amounting to 258.69 tons. The production of beef and buffalo is also
low, at 436.70 thousand tons, compared to the required 695.39 thousand tons.
Additionally, the low per capita consumption of beef is influenced by the
relatively high prices, making it inaccessible to certain segments of the
population. The distribution chain from farmers to end consumers is lengthy,
contributing to the high cost of beef. Therefore, there is a need for a
service, such as a website, to facilitate a more direct and practical
connection between sellers and buyers without intermediaries. "I Meat
You" provides such a service, offering online buying and selling of cattle
and beef, making transactions convenient and secure.
This research aims to
design the business model for the sale of cattle and beef on "I Meat
You" and analyze the financial feasibility of the business. The research methodology
involves data collection through observation and interviews. The gathered data
is summarized and used to create empathy maps and a lean canvas as a business
planning model for the development of the "I Meat You" website.
Based on the investment
feasibility projections, the Net Present Value (NPV) is Rp 76,953,438, the
Internal Rate of Return (IRR) is 28%, and the Payback Period (PP) is 2 years
and 5 months in the normal scenario. In the optimistic scenario, NPV is Rp 187,160,303,
IRR is 50%, and PP is 1 year and 5 months. In the pessimistic scenario, NPV is
Rp 6,913,712, IRR is 14%, and PP is 3 years and 4 months. In conclusion, all
three scenarios show positive results in terms of Net Present Value, Payback
Period, and Internal Rate of Return, indicating the investment feasibility of
the "I Meat You" website.
Kata Kunci : Website,Sapi dan Daging Sapi,Lean Canvas, Rencana Bisnis