Laporkan Masalah

Fenomena Ren'ai Kinshi dalam Industri Idol Jepang

Thomas Lintang Aji Wicaksono Kawuryan, Lili Febriyani, S.S., M.Si.

2024 | Skripsi | SASTRA JEPANG

Industri hiburan Jepang telah menjadi salah satu industri hiburan yang cukup berpengaruh di dunia. Salah satu sektor yang menarik perhatian besar adalah industri idol, yang menghasilkan berbagai grup idol yang memiliki basis penggemar yang besar dan kuat. Fenomena ren’ai kinshi yang secara harfiah berarti “larangan untuk jatuh cinta,” telah menjadi elemen penting dalam dinamika sosial dan budaya dalam industri hiburan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena ren’ai kinshi dalam industri idol Jepang dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorongnya serta dampaknya terhadap hubungan antara idola dan masyarakat sebagai penggemarnya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pandangan masyarakat Jepang terkait relevansi aturan ren’ai kinshi dengan adanya pengaruh globalisasi.

Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam kepada tiga orang Jepang yang merupakan penggemar idol. Selain wawancara mendalam, penelitian ini juga didukung dengan studi pustaka. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat empat faktor yang mempengaruhi peraturan ren’ai kinshi, faktor tersebut adalah pengaruh media massa, upaya agensi untuk menjaga nama baik agensinya, pengaruh budaya tradisional Jepang, dan pengaruh globalisasi. Kemudian dari hasil wawancara mendalam dengan masyarakat jepang ditemukan dua kubu pro dan kontra atas peraturan ren’ai kinshi ini, 

Ditemukan bahwa fenomena ini dapat memicu konflik di kalangan penggemar yang dimana pihak pro aturan ren’ai kinshi merasa bahwa peraturan ini ada untuk menjaga koneksi yang kuat dalam hubungan antara idola dan penggemar sedangkan pihak kontra merasa peraturan ini mengekang kebebasan seorang idol.

The Japanese entertainment industry has become one of the most influential entertainment industries in the world. One sector that attracts great attention is the idol industry, which produces various idol groups with large and strong fan bases. The ren’ai kinshi phenomenon, which means “forbidden to fall in love,” has become an important element in the social and cultural dynamics of the entertainment industry. This research examines the ren’ai kinshi phenomenon in the Japanese idol industry by identifying the factors that encourage it and its impact on the relationship between idols and the public as their fans. Apart from that, this research also aims to determine the views of Japanese society regarding the relevance of the ren’ai kinshi rules under the influence of globalization.

This research uses an in-depth interview method with three Japanese people who are idol fans. Along with in-depth interviews, a literature review also supports this research. From the research results, it is known that four factors influence ren’ai kinshi regulations, these factors are: the influence of mass media, the agency’s efforts to maintain its agency’s good name, the influence of traditional Japanese culture, and the influence of globalization. Then, from the result of in-depth interviews with the Japanese community, two types of groups were found for pro and contra against the ren’ai kinshi regulations.

This research provides in-depth insights into the complexity of Japanese popular culture, particularly within the unique context of the idol industry. It is hoped that the results will offer a better understanding of the relationships formed between idols and their fans, as well as the contributions of the Japanese idol industry to broader social and cultural dynamics.

Kata Kunci : Budaya Populer, Industri Idol, Ren’ai Kinshi, Globalisasi

  1. S1-2024-443455-abstract.pdf  
  2. S1-2024-443455-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-443455-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-443455-title.pdf