ANALISIS PENGARUH TINGKAT LITERASI FINANSIAL TERHADAP PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) DALAM PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN: EKSTENSI MODEL UTAUT2
Alivia Qory Sutanti, Mahfud Sholihin, Prof., Ph.D., Ak., CA.
2024 | Skripsi | AKUNTANSI
Pada era
digitalisasi yang semakin berkembang pesat, teknologi digital memiliki peran
besar bagi kehidupan manusia baik di industri pendidikan (Haleem dkk, 2022),
kesehatan (Stoumpos dkk, 2023), dan keuangan (Mavlutova dkk, 2023). Penggunaan
teknologi keuangan ini dijumpai pada skala masyarakat luas dari berbagai latar
belakang dan usia untuk berbagai keperluan. Mayoritas pengguna fintech sebesar 60% didominasi oleh generasi muda (AFPI, 2022). Mahasiswa sebagai bagian dari generasi yang memiliki literasi finansial yang baik akan lebih memanfaatkan produk fintech. Akan tetapi, belum terdapat uji yang mengeksplorasi substansi dan cakupan penggunaan fintech ini dalam menunjang efektivitas pengelolaan keuangan mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat dan memetakan fungsi, tujuan, intensitas, dan pengaruh dari penggunaan fintech terhadap tata kelola keuangan mahasiswa. Sebagai ekstensi model UTAUT, penelitian ini menambahkan variabel baru dalam model penelitian, yaitu variabel literasi finansial sebagai variabel pemediasi. Pengumpulan data dilakukan melalui pendistribusian kuesioner dengan metode purposive sampling terhadap mahasiswa. Beberapa analisis uji meliputi evaluasi model pengukuran (outer model), analysis of variance (ANOVA), dan evaluasi model struktural digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil jawaban responden berdasarkan literasi finansial dan intensi penggunaan sebagai pengguna terhadap financial technology yang mulai berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam menggunakan fintech bukan berdasarkan literasi finansial, melainkan 3 variabel yang terdapat dalam model UTAUT2 meliputi Performance Expetancy (PE), Facilitatig Condition (FC), dan Hedonic Motivation (HM). Secara keseluruhan variabel dalam model mampu menjelaskan sebesar 54.6%.
In the era
of rapidly developing digitalization, digital technology has a big role in
human life whether in the education industry (Haleem et al, 2022), health
(Stoumpos et al, 2023), and finance (Mavlutova et al, 2023).The use of
financial technology is found on a broad scale among people from various
backgrounds and ages for various purposes. The majority of fintech users at 60%
are dominated by the younger generation (AFPI, 2022). Students as part of a
generation that has good financial literacy will make more use of fintech
products. However, there have been no tests that explore the substance and
scope of the use of fintech in supporting the effectiveness of their financial
management. This research aims to see and map the function, objectives, intensity
and influence of the use of fintech on university student financial management.
As an extension of the UTAUT model, this research adds a new variable to the
research model, namely the financial literacy variable as a mediating variable.
Data collection was carried out through distributing questionnaires using a
purposive sampling method to university students. Several test analyzes
including evaluation of the measurement model (outer model), analysis of
variance (ANOVA), and evaluation of the structural model were used in this
research to determine differences in the results of respondents' answers based
on financial literacy and intention to use as users of financial technology
which is starting to develop. The research results show that the factors that
influence students in using fintech are not based on financial literacy, but
rather 3 variables contained in the UTAUT2 model which are Performance
Expectancy (PE), Facilitative Condition (FC), and Hedonic Motivation (HM).
Overall, the variables in the model are able to explain 54.6%.
Kata Kunci : Financial technology, financial literacy,