Implementasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Rumah BUMN Cilacap sebagai Corporate Social Responsibility Bank Negara Indonesia Wilayah Yogyakarta
Adelia Pasha Adiyani, Matahari Farransahat, S.E., M.H.E.P.
2023 | Skripsi | ILMU SOSIATRI
Keberadaan
perusahaan di Indonesia memunculkan dampak khusus bagi masyarakat. Adanya Corporate
Social Responsibility yang mengarah pada konsep pemberdayaan masyarakat
juga sudah cukup banyak berkembang dengan pesat. PT Bank Negara Indonesia
Wilayah Yogyakarta yang merupakah salah satu perusahaan BUMN menjalankan
aktivitas pemberdayaan masyarakat melalui program CSR salah satunya yaitu Rumah
BUMN Cilacap yang melakukan pembinaan bagi UMKM. Hal tersebut dilakukan oleh
perusahaan karena adanya permasalahan sosial yang masih terus terjadi yang
berkaitan erat ekonomi dan sosial yaitu kemiskinan serta pengangguran. Penelitian
ini dilakukan oleh penulis dengan metode kualitatif deskriptif berdasarkan tiga
konsep utama yaitu konsep pemberdayaan masyarakat, konsep corporate social
responsibility dalam pengembangan UMKM, dan logic model development
guide. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi pustaka, dan
dokumentasi. Sebagai uji pemeriksaan keabsahan data, penulis menggunakan teknik
triangulasi sumber yang mana menunjukkan bahwa data yang diperoleh penulis
terbilang autentik. Implementasi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui
program Rumah BUMN Cilacap sebagai CSR BNI Wilayah Yogyakarta ditempuh melalui
beberapa tahapan meliputi input, aktivitas, output, outcome, dan impact. Dalam
rangkaian tahapan yang dilakukan tersebut, ditemukan kelemahan yang berkaitan
dengan aktivitas pemberian pelatihan sebagai pengembangan kapasitas serta
pemberian fasilitas permodalan dan berimbas pada implementasi program yang
dirasa akan kurang maksimal. Meskipun masih terdapat kelemahan dalam tahapan implementasi
pemberdayaan masyarakat, program Rumah BUMN Cilacap memperoleh dampak yang
cukup baik dari UMKM binaan. Dampak dari adanya program ini berhasil untuk
memperoleh kemandirian pada UMKM dalam mengelola usahanya, sehingga akan
berpengaruh terhadap pemberdayaan masyarakat.
The
existence of companies in Indonesia has a special impact on society. The
existence of Corporate Social Responsibility that leads to the concept of
community empowerment has also developed quite rapidly. PT Bank Negara
Indonesia Yogyakarta Region, which is one of the state-owned companies, carries
out community empowerment activities through CSR programs, one of which is the
Cilacap BUMN House which provides guidance for MSMEs. This is done by the
company because of the social problems that continue to occur which are closely
related to the economy and social, namely poverty and unemployment. This
research was conducted by the author using a descriptive qualitative method
based on three main concepts, namely the concept of community empowerment, the
concept of corporate social responsibility in the development of MSMEs, and the
logic model development guide. Data collection methods were carried out by
observation, interviews, literature study, and documentation. As a data
validity check test, the author uses a source triangulation technique which
shows that the data obtained by the author is authentic. The implementation of
community empowerment carried out through the Rumah BUMN Cilacap program as BNI
CSR Yogyakarta Region is carried out through several stages including input,
activity, output, outcome, and impact. In the series of stages carried out,
weaknesses were found related to the activity of providing training as capacity
building and providing capital facilities and impacting the implementation of
the program which was felt to be less than optimal. Although there are still
weaknesses in the implementation stage of community empowerment. Rumah BUMN
Cilacap Program has had a fairly good impact on the fostered MSMEs. The impact
of this program has succeeded in producing independence in MSMEs in managing
their businesses, so that it will affect community empowerment.
Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Corporate Social Responsibility, Rumah BUMN Cilacap