Analisis Pengaruh Label Kandungan Zat Aktif dan Klaim Manfaat pada Kemasan Produk Serum Wajah terhadap Keputusan Pembelian
SANIYYA ADZRA AHMAD, Prof. Dr. apt. Satibi. M.Si.; apt. Niken Nur Widyakusuma, S.Farm., M.Sc.
2024 | Skripsi | FARMASI
Pemakaian
produk kecantikan terkhusus perawatan kulit telah menjadi suatu hal yang lazim
dilakukan masyarakat dalam satu dekade terakhir ini. Pesatnya pertumbuhan
industri produk kosmetik menyebabkan semakin riuhnya klaim terhadap produk yang
menyebabkan kebingungan konsumen. Seiring
dengan perkembangan zaman dan semakin pesatnya teknologi, kini konsumen telah
lebih paham zat aktif apa saja yang terkandung dalam produk perawatan kulit
yang akan mereka beli serta klaim manfaatnya. Label kandungan zat aktif dan
manfaatnya biasanya tercantum pada kemasan produk sebagai salah satu upaya agar
produk tersebut dipilih oleh konsumen yang memiliki permasalahan kulit yang
sesuai. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengalaman pembelian
produk serum wajah pada mahasiswa Diploma atau Strata-1 di Perguruan Tinggi
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan mengetahui pengaruh dari label
kandungan zat aktif dan klaim manfaat yang tertera pada kemasan produk serum
wajah terhadap keputusan pembelian konsumen.
Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian deskriptif dan
asosiatif, menggunakan rancangan cross-sectional.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling. Variabel
independen pada penelitian ini yaitu label kandungan zat aktif dan label klaim
manfaat pada kemasan produk serum wajah sedangkan variabel dependennya yaitu
keputusan pembelian. Instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner
berbasis daring yang kemudian disebarkan kepada 131 responden yang pernah
melakukan pembelian produk serum wajah. Data dianalisis secara deskriptif serta
dilakukan uji hipotesis menggunakan uji f, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa mayoritas responden membeli serum wajah sebulan sekali, membeli serum
wajah di e-commerce, paling banyak
memilih kandungan niacinamide dan
klaim manfaat mencerahkan kulit untuk serum wajah yang mereka beli, dan
mendapatkan informasi mengenai kandungan dan klaim manfaat dari iklan atau
promosi oleh brand influencer. Label
kandungan zat aktif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian
produk serum wajah dengan koefisien regresi 0,237, label klaim manfaat
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian serum wajah dengan
koefisien regresi 0,486. Label kandungan zat aktif dengan klaim manfaat pada
produk serum wajah secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Label kandungan zat aktif dan klaim manfaat pada produk serum wajah
akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
The use of beauty products, especially for skincare, has become a common practice in society over the past decade. The rapid growth of the cosmetic product industry has led to an increasing number of claims about products, causing confusion among consumers. With the development of time and advancing technology, consumers now have a better understanding of the active ingredients contained in the skin care products they purchase, as well as their claimed benefits. Information about the active ingredients and their benefits is usually listed on the product packaging as an effort to attract consumers facing specific skin issues. The purpose of this research is to understand the buying experience of facial serum products among diploma or undergraduate students in higher education institutions in the Special Region of Yogyakarta. Additionally, the study aims to determine the influence of the labeling of active ingredients and claimed benefits on the packaging of facial serum products on consumer purchasing decisions.
This research is a
quantitative study using descriptive and associative research methods with a
cross-sectional design. The sampling technique used in this study is
non-probability sampling. The independent variables in this study are the
labels of active ingredients and claimed benefits on the packaging of facial
serum products, while the dependent variable is the purchasing decision. The
instrument used in this research is an online-based questionnaire distributed
to 131 respondents who have purchased facial serum products. Data were analyzed
descriptively, and hypothesis testing was conducted using the F-test, t-test,
and coefficient of determination.
The results of this research
indicate that majority of respondents purchase facial serum once a month, buy
them through e-commerce platforms, mostly prefer products containing
niacinamide, and choose products with claims of brightening the skin. They
obtain information about the ingredients and claimed benefits from
advertisements or promotions by brand influencers. The active ingredient label
significantly influenced the decision to purchase facial serum products with a
regression coefficient of 0.237, the benefit claim label significantly
influenced the decision to purchase facial serum with a regression coefficient
of 0.486. The active ingredient label with benefit claims on facial serum
products simultaneously has a significant influence on purchasing decisions.
Active ingredient labels and benefit claims on facial serum products will
increase consumer purchasing decisions.
Kata Kunci : kandungan zat aktif, klaim manfaat, serum wajah, keputusan pembelian