PENERAPAN KONSEP AUTOMATIC RENEWAL SEBAGAI BENTUK PEMBARUAN DALAM PERJANJIAN KERJA SAMA CELEBRITY ENDORSEMENT
Tiara Rizky Andespa, Dr. Ninik Darmini, S.H., M.Hum
2024 | Tesis | S2 Magister Kenotariatan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
dan menganalisis urgensi penerapan konsep automatic
renewal sebagai bentuk pembaruan dalam perjanjian kerja sama celebrity endorsement. Tujuan lain dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana seharusnya
perjanjian kerja sama celebrity
endorsement dengan konsep automatic
renewal disusun sebagai upaya pencegahan wanprestasi oleh selebriti.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum
normatif-empiris yang bersifat
deskriptif analitif. Pendekatan dalam penelitian ini dilakukan dengan
studi kepustakaan dari berbagai bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang
bertujuan untuk mendapatkan data sekunder berkaitan dengan topik penelitian.
Penelitian ini didukung dengan wawancara kepada narasumber yang memiliki
kompetensi dan pengalaman dalam bidang perjanjian kerja sama. Hasil penelitian ini
dianalisa secara deskriptif kualitatif.
Kesimpulan yang didapatkan dalam
penelitian ini, antara lain: Pertama, penerapan konsep perjanjian kerja sama celebrity endorsement menggunakan metode
automatic renewal memiliki beberapa
keuntungan, seperti efisiensi waktu, meminimalisasi wanprestasi, dan
meningkatkan insight atau engagement rate produk endorsement. Kedua, bentuk perjanjian
kerja sama celebrity endorsement
menggunakan metode automatic renewal
dapat disesuaikan dengan keinginan dan kesepakatan para pihak, namun beberapa
pelaku usaha menggunakan sistem persentase penjualan dan perpanjangan kerja sama apabila target
penjualan dari hasil endorsement tercapai.
Kata kunci: Automatic Renewal, Pembaruan
Perjanjian, Celebrity Endorsement
This
research aims to determine and analyze the urgency of implementing the
automatic renewal concept as a form of renewal in celebrity endorsement
cooperation agreements. Another aim of this research is to find out and analyze
how celebrity endorsement cooperation agreements with the automatic renewal
concept should be structured as an effort to prevent default by celebrities.
This
research is normative-empirical legal research that is descriptive analytical
in nature. The approach in this research was carried out by means of a
literature study of various primary, secondary and tertiary legal materials
with the aim of obtaining secondary data related to the research topic. This
research is supported by interviews with sources who have competence and
experience in the field of cooperation agreements. The results of this research
were analyzed descriptively qualitatively.
The
conclusions obtained in this research include: First, implementing the concept
of celebrity endorsement cooperation agreements using the automatic renewal
method has several advantages, such as time efficiency, minimizing defaults,
and increasing insight or engagement rate of endorsement products. Second, the
form of the celebrity endorsement cooperation agreement using the automatic
renewal method can be adjusted to the wishes and agreement of the parties,
however, some business actors use a sales percentage system and extend the
cooperation if the sales target from the endorsement results is achieved.
Keywords: Automatic Renewal, Agreement Renewal,
Celebrity Endorsement
Kata Kunci : Automatic Renewal, Pembaruan Perjanjian, Celebrity Endorsement