Analisis Rencana Spin Off Unit Bisnis Modular Pada PT WG
Lilis Setya Wati, Suyanto, S.E., M.B.A., Ph.D.
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
PT WG merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang industri konstruksi, memiliki beberapa unit bisnis dan menerapkan strategi backward dan forward. Salah satu unit bisnis yang merupakan wujud dari strategi backward PT WG adalah unit bisnis Modular. Sejalan dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) tahun 2023-2027, PT WG berencana melakukan spin-off atas unit bisnis Modular guna mengembangkan potensi unit bisnis Modular. Penelitian disusun dengan tujuan untuk mengidentifikasi value creation yang dihasilkan oleh unit bisnis Modular kepada PT WG serta menganalisis posisi unit bisnis Modular untuk evaluasi lebih lanjut terhadap rencana perusahaan dalam melakukan spin-off kepada unit bisnis Modular.
Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Marakon Profitability Matrix sebagai alat analisis untuk mengevaluasi kinerja dan kontribusi value creation dari unit bisnis Modular. Penelitian ini juga menggunakan GE/McKinsey Matrix sebagai alat analisis untuk mengidentifikasi posisi unit bisnis. Kedua tools tersebut dilakukan untuk mengevaluasi rencana spin-off unit bisnis Modular.
Hasil analisis value creation dari unit bisnis Modular menunjukkan bahwa unit bisnis Modular mampu memberikan kontribusi value creation yang baik ditandai dengan Profitability yang dihasilkan, unit bisnis berada pada posisi membangun pangsa pasar dan menghasilkan arus kas. Berdasarkan analisis Faktor Kekuatan Bersaing dan Daya Tarik Industri, unit bisnis Modular merupakan unit bisnis yang mempunyai Kekuatan bersaing yang tinggi didukung posisi nya sebagai pioneer yang mempunyai kemampuan menguasai pasar, kekuatan sumber daya dan kemampuan yang kompetitif serta citra/reputasi yang baik. Daya Tarik unit bisnis Modular berada pada industri yang mempunyai Daya Tarik tinggi berdasarkan proyeksi tingkat pertumbuhan, profitabilitas industri yang didapatkan dan belum ketatnya intensitas persaingan. Hasil pemetaan GE/McKinsey Matrix dapat diketahui bahwa unit bisnis Modular terletak pada kuadran 1 (invest/grow) menandakan bahwa unit bisnis sedang tumbuh sehingga perlu dikembangkan dan diperkuat investasinya. Berdasarkan value creation yang diberikan dan posisi unit bisnis maka dapat disimpulkan bahwa rencana spin-off unit bisnis Modular layak untuk diterapkan oleh PT WG.
PT WG is a state-owned construction company, has several business units and implements a backward and forward strategy. The Modular business unit represents one of PT WG's backward strategy. As part of the Company's Long-Term Plan (RJPP) 2023-2027, PT WG intends to spin-off the Modular Business Unit to maximise its potential. The research's objective was to identify the value creation generated by the Modular business unit for PT WG and analyse the position of the Modular business unit for further evaluation of the company's plan to spin-off the unit.
This research utilized a descriptive qualitative approach and employed the Marakon Profitability Matrix to assess the Modular business unit's performance and value creation. Furthermore, the GE/McKinsey Matrix was utilized to determine the business unit's position. Both matrices were used to evaluate the spin-off plan for the Modular business unit.
The analysis of the Modular business unit's value creation demonstrates its ability to effectively contribute value, as evidenced by its profitability, capacity to capture market share, and generate cash flow. Based on the analysis of competitive strength and industry attractiveness factors, the Modular business unit demonstrates high competitive strength, supported by its position as a pioneer that enables market dominance, strong competitive resources and capabilities, and a positive reputation. The Modular business unit is situated in a highly attractive industry with projected growth rates, significant industry profitability, and low competition. The unit has a high competitive strength and industry attractiveness, placing it in quadrant 1 of the GE/McKinsey Matrix (invest/grow). This indicates a growing business unit that requires development and increased investment. Based on the value creation analysis and the position of the Modular business unit, it can be concluded that implementing the spin-off plan is feasible for PT WG.
Kata Kunci : Value Creation, Marakon Profitability Matrix, Spin-Off, GE/McKinsey Matrix