Laporkan Masalah

Analisis Strategi Positioning PT Jamkrindo Dalam Industri Penjaminan Kredit Non Program Pemerintah

Andreas Theodorus Mokodaser, Dr. Rangga Almahendra, ST, MM

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Peningkatkan kondisi ekonomi Indonesia salah satunya tercermin dari jumlah UMKM yang mengalami peningkatan setiap tahun. PT Jamkrindo adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang penjaminan kredit dan berfokus pada lini bisnis yang dijalankan oleh UMKM. PT Jamkrindo menghadapi persaingan yang cukup ketat dari pesaing dalam industri penjaminan kredit baik yang berasal dari BUMN, swasta maupun BUMD. Kinerja portofolio penjaminan kredit non program pemerintah terbilang masih rendah, tidak lebih dari 30%. Saat ini perusahaan masih tergantung dengan produk penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang notabene merupakan program pemerintah.

 

Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode naratif interpretatif kualitatif yang didukung oleh deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan dalam menjalankan kegiatan bisnis, melakukan identifikasi posisi strategis Perusahaan dalam industri penjaminan kredit, mengidentifikasi tindakan yang harus dilakukan perusahaan untuk membangun positioning strategy agar unggul dalam persaingan.

 

Hasil analisa menunjukan bahwa faktor kekuatan internal yaitu Jamkrindo merupakan perusahaan terbesar dalam industri penjaminan kredit, sedangkan untuk kelemahan yaitu perusahaan masih bergantung pada produk KUR dan kegiatan penagihan piutang subrogasi yang belum optimal. Untuk faktor eksternal, peluang eksternal yaitu adanya fokus pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, sedangkan untuk ancaman eksternal yaitu adanya potensi peningkatan beban klaim dikarenakan meningkatknya NPL bank. Hasil analisa IE menunjukan bahwa posisi perusahaan berada pada area Grow and Build. Hasil SPACE Matriks menunjukan perusahaan berada pada kuadran agresif sehingga perusahaan berada pada posisi terbaik untuk memanfaatkan kekuatan internal untuk unggul dalam persaingan.

The improvement of Indonesia's economic conditions is reflected in the number of MSMEs that have increased every year. PT Jamkrindo is a state-owned company engaged in credit guarantee and focuses on business lines run by MSMEs. PT Jamkrindo faces quite intense competition from competitors in the credit guarantee industry both from BUMN, private and BUMD. The performance of the non-government program credit guarantee portfolio is still low, no more than 30%. Currently, the company still depends on the People's Business Credit or Kredit Usaha Rakyat (KUR) guarantee product, which is a government program.

 

The research method to be used is a qualitative interpretative narrative method supported by quantitative descriptive. This research aims to identify internal and external factors that affect the company in carrying out business activities, identify the company's strategic position in the credit guarantee industry, identify actions that the company must take to build a positioning strategy to excel in competition.

 

The results of the analysis show that the internal strength factor is Jamkrindo as the largest company in the credit guarantee industry, while for weaknesses, namely the company still depends on KUR products and subrogation receivable collection activities that are not yet optimal. For external factors, external opportunities are the government's focus on infrastructure development, while for external threats, there is a potential increase in claim expenses due to increased bank NPLs. The results of the IE analysis show that the company's position is in the Grow and Build area. The SPACE Matrix results show that the company is in the aggressive quadrant so that the company is in the best position to utilize internal strengths to excel in competition.

Kata Kunci : Penjaminan Kredit, UMKM, RBV, Five Forces, EFE, IFE, SPACE, Value Chain

  1. S2-2023-490187-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490187-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490187-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490187-title.pdf