Laporkan Masalah

Representasi Kelas Sosial dalam Film: Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Film Parasite

TIO DERMA, Novi Kurnia, M.Si., M.A., Ph.D.; Budi Irawanto, M.A., Ph.D.; Dr. Dian Arymami, S.I.P., M.Hum.

2023 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Tesis yang berjudul Representasi Kelas Sosial dalam Film: Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Film Parasite bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis representasi kelas sosial dalam film Parasite dengan kacamata Semiotika Roland Barthes. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap film Parasite yang dianggap sebagai salah satu film terbaik Korea Selatan karena untuk pertama kalinya Korea Selatan memenangkan penghargaan tertinggi Academy Awards. Film Parasite terasa sangat mapan dalam membawa isu ketimpangan kelas sosial yang terjadi dalam realitas sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes yang menjadi landasan berpikir secara teoretis dan rasional untuk menjelaskan dan menafsirkan tanda melalui makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam film Parasite karya Bong Joon-ho secara komprehensif di mana elemen audiovisualnya dibaca menggunakan analisis Compositional Interpretation Gillian Rose dan the Syntax of Film James Monaco. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga persoalan kelas sosial yang dominan dibahas dalam film Parasite, yaitu; Arsitektur dan lingkungan sebagai representasi kelas sosial; Kesehatan dan bau dalam kelas sosial; Kelas sosial dalam aspek pendidikan dan pekerjaan. Ketiga aspek tersebut berkaitan satu sama lain terhadap kesenjangan antar kelas sosial yang ada dalam masyarakat dan menunjukkan kondisi sosial yang tidak adil dan tidak merata.

The thesis entitled "The Representation of Social Class in Film: A Semiotics Analysis of Roland Barthes' Semiotics in the Film Parasite" aims to describe and analyze the representation of social class in the film Parasite through the perspective of Roland Barthes' semiotics theory. This research is motivated by the researcher's interest in the film Parasite, which is considered one of the best films from South Korea, as it marks the first time South Korea has won the prestigious Academy Awards. The film Parasite effectively portrays the issue of social class inequality in the social reality. This study utilizes a descriptive-qualitative research method with a semiotics approach based on Roland Barthes' theoretical and rational framework to comprehensively explain and interpret signs, including denotation, connotation, and myths, in Bong Joon-ho's film Parasite where the audiovisual elements are analyzed using Gillian Rose's Compositional Interpretation and James Monaco's the Syntax of Film. The research findings reveal three dominant aspects of social class discussed in the film Parasite: Architecture and environment as representations of social class; Health and odor within social class; And social class in the context of education and employment. These aspects are interconnected, contributing to the existing social class disparities in society and highlighting the unjust and unequal social conditions.

Kata Kunci : Film Parasite, Kelas Sosial, Semiotika

  1. S2-2023-466894-abstract.pdf  
  2. S2-2023-466894-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-466894-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-466894-title.pdf