Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bisnis Diferensiasi Pada Perusahaan Konstruksi PT Jagat Konstruksi Abdipersada

Gracia Vallery Abrahams, Dr. Willy Abdillah, M.Sc.

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Strategi bisnis merupakan suatu hal yang menjadi esensial untuk menciptakan keunggulan kompetitif sebuah perusahaan. PT Jagat Konstruksi Abdipersada merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi yang menerapkan strategi bisnis diferensiasi dalam operasi bisnisnya. Strategi diferensiasi yang dimaksud adalah diferensiasi produk dan pelayanan.

Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi diferensiasi yang telah diterapkan perusahaan, kendala yang dihadapi dalam menjalankan praktek strategi diferensiasi dan faktor pendorong strategi diferensiasi pada PT Jagat Konstruksi Abdipersada. Metode analisis yang digunakan adalah teknik wawancara dan kuisioner dengan pelanggan, manajemen, serta komisaris perusahaan PT Jagat Konstruksi Abdipersada dengan pendekatan analisis pada fitur pembeda dari tipe strategi diferensiasi, variabel diferensiasi menurut Kotler, lima kekuatan Michael E. Porter, dan faktor penggerak nilai untuk meningkatkan strategi diferensiasi.

Berdasarkan analisis tersebut, strategi diferensiasi pada PT Jagat Konstruksi Abdipersada adalah strategi diferensiasi secara luas. Selain itu, hasil pendekatan diferensiasi personel perusahaan juga ternyata mampu memberikan nilai tambah pada citra perusahaan.

Business strategy is essential to create a competitive advantage of a company. PT Jagat Konstruksi Abdipersada is a private company that operates in the construction services area that implements a business differentiation strategy in its business operations. The differentiation strategy is product and service differentiation.

This thesis research aims to identify the differentiation strategy that has been implemented by the company, the obstacles faces in implementing the differentiation strategy practices and the driving factors of the differentiation strategy of PT Jagat Konstruksi Abdipersada. The analytical method used is interview and questionnaires techniques with customers, management, and commissioner of PT Jagat Konstruksi Abdipersada with an analysis approach on differentiation feature of the types of differentiation strategy, differentiation variables refer to Kotler, Michael E. Porter's five forces, and value driver factors to improve differentiation strategy

Kata Kunci : strategi bisnis, strategi diferensiasi, industri konstruksi

  1. S2-2023-491083-abstract.pdf  
  2. S2-2023-491083-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-491083-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-491083-title.pdf