Laporkan Masalah

Analisis Niat Penggunaan Aplikasi Rekan Kios PT Pupuk Indonesia (Persero) oleh Kios Region Sumbagut

Irbahani Samirna, Prof. Dr. Basu Swatha Dharmmesta, M.B.A.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

PT Pupuk Indonesia (Persero) meluncurkan program sistem manajemen ritel atau RMS di mana Salah satu programnya adalah transformasi digital melalui penggunaan aplikasi Rekan Distributor dan Rekan Kios yang saling terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan kios terhadap aplikasi Rekan Kios menggunakan model penerimaan teknologi yang diperluas. Penelitian ini menggunakan metode survei kuesioner terhadap kios yang berlokasi di Region Sumbagut dan telah menerima sosialisasi dan mengetahui tentang penggunaan aplikasi Rekan Kios namun belum menggunakan aplikasi tersebut untuk bertransaksi. Sebanyak 200 kuesioner yang valid dikumpulkan dan dinilai berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan SEM-PLS untuk mengevaluasi data empiris dan menguji hipotesis. Temuan mengungkapkan bahwa persepsi kebergunaan dan persepsi kemudahaan penggunaan aplikasi Rekan Kios dipengaruhi secara negatif dan signifikan oleh kecemasan atas teknologi baru. Selain itu, persepsi kebergunaan dan persepsi kemudahaan penggunaan juga dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh keyakinan diri. Persepsi kebergunaan juga dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh persepsi kemudahan. Hasil penelitian juga menunjukkan sikap terhadap penggunaan dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh persepsi kebergunaan dan persepsi kemudahan penggunaan, namun dipengaruhi secara negatif dan signifikan oleh kekhawatiran privasi. Niat penggunaan dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh sikap terhadap penggunaan namun dipengaruhi secara negatif dan signifikan oleh kekhawatiran privasi.

PT Pupuk Indonesia (Persero) launched a retail management system (RMS) program where one of the programs is digital transformation through the use of integrated Rekan Distributor and Rekan Kios applications. This research aims to analyze the kiosk acceptance of the Rekan Kios application using an extended technology acceptance model. This research used a questionnaire survey method for kiosks located in the Sumbagut Region that had received socialization and knew about the use of the Rekan Kios application but had not yet used the application for transactions. A total of 200 valid questionnaires were collected and assessed based on predetermined criteria. The collected data was analyzed using the SEM-PLS approach to evaluate empirical data and test hypotheses. The findings revealed that the perceived usefulness and perceived of ease of use of the Rekan Kios application were negatively and significantly influenced by anxiety over new technology. Apart from that, perceived usefulness and perceived ease of use are also positively and significantly influenced by self-efficacy. Perception of usefulness is also influenced positively and significantly by perception ease of use. The research results also show that attitudes towards use are positively and significantly influenced by perceived usefulness and perceived ease of use, but negatively and significantly influenced by privacy concerns. Intention to use is positively and significantly influenced by attitudes towards use but negatively and significantly influenced by privacy concerns.

Kata Kunci : Model Penerimaan Teknologi, TAM, Persepsi Kebergunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Sikap Terhadap Penggunaan, Niat Penggunaan, Kecemasan atas Teknologi Baru, Keyakinan Diri, Kekhawatiran Privasi

  1. S2-2023-490504-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490504-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490504-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490504-title.pdf