DAMPAK PROGRAM KEMITRAAN TOKO KELONTONG DENGAN SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA TOKO KELONTONG ( Studi Kasus Pemilik Toko Kelontong Sampoerna Retail Community di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen )
Gigih Isnan Prayogo, Dr. Hempri Suyatna, S.Sos., M.Si.
2023 | Skripsi | ILMU SOSIATRI
Dalam dunia ritel persaingan
di era modern ini semakin kompetitif toko kelontong bersaing dengan toko-toko
waralaba modern ini, toko kelontong lain bahkan saling berhimpitan antar
perusahaan yang membelakanginya membuat redup eksistensi toko kelontong. Dengan dibentuknya komunitas toko kelontong
dengan Sampoerna Retail Community (SRC) secara tidak langsung terjadi hubungan
kemitraan antara swasta dan masyarakat. Memperbaiki sistem tatanan agar lebih tertata dan meningkatkan daya saing terhadap toko ritel dilakukan oleh toko kelontong dengan pendampingan Sampoerna Retail
Community untuk membantu mengembangkan toko kelontong untuk menjadi lebih baik.
Kemitraan dalam proses membangun
usaha memberikan peluang terhadap keberlanjutan kedepannya. Persaingan usaha di
dunia ritel yang semakin kompetitif langkah strategi dalam meningkatkan
eksistensi toko kelontong melalui kemitraan antara usaha besar dengan usaha
kecil. Dari studi ini, kemitraan menjadi dasar teori dalam mengetahui strategi
perkembangan toko kelontong untuk bersaing dengan toko retail lainnya yang
didampingi sampoerna retail community. Penulis menggunakan metode pendekatan
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data berasal
dari data primer dan sekunder yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil yang ditemukan dalam
penelitian ini adalah program kemitraan yang terjalin diantara toko kelontong
dengan sampoerna retail community dan strategi pemberdayaan berkelanjutan dalam
mengembangkan toko kelontong agar terus terus berjalan menggunakan konsep RBT
“Rapi, Bersih, Terang” dengan empat tahapan pelaksanaan perkembangan toko
kelontong yaitu : Fundamental, manajemen toko, akselerasi atau promosi dan
ekspansi. Dampak terhadap toko kelontong meliputi : revitalisasi toko, tata
kelola toko, akses jaringan mitra, kapasibilitas dan peningkatan pendapatan.
In the world of retail
competition in this modern era, grocery stores are increasingly competing with
these modern franchise stores, other grocery stores even overlap between
companies that are behind them making the existence of grocery stores dim. Updating
the order system in buying and selling and marketing from grocery stores to be
more organized and increase competitiveness against retail stores is carried
out by grocery stores with the assistance of the Sampoerna Retail Community to
help develop grocery stores for the better.
Partnerships in the process of
building a business provide opportunities for future sustainability. Business
competition in the increasingly competitive retail world is a strategic step in
increasing the existence of grocery stores through partnerships between large
businesses and small businesses. From this study, partnership becomes the
theoretical basis in knowing the development strategy of grocery stores to
compete with other retail stores accompanied by the Sampoerna Retail Community.
The author uses a qualitative research approach method with descriptive
research type. Data sources come from primary and secondary data obtained from
observations, interviews, and documentation.
The
results found in this study are a partnership program established between
grocery stores and the sampoerna retail community and a sustainable empowerment
strategy in developing grocery stores to keep them running using the concept of
RBT "Neat, Clean, Bright" with four stages of implementation of grocery
store development, namely : Fundamentals, store management, acceleration or
promotion and expansion. The impact on grocery stores includes: store
revitalization, store management, access to partner networks, capability and
increased revenue.
Kata Kunci : Sampoerna Retail Community, Keberlanjutan Usaha, Pendampingan