PENGEMBANGAN BISNIS BERAS ANALOG "MARANTA RICE"
Fahri Ramdhani, Dr. Ir. Priyanto Triwitono, M.P.; Dr. Rini Yanti, S.T.P., M.P.
2023 | Skripsi | TEKNOLOGI PANGAN & HASIL PERTANIAN
Obesitas
telah menjadi masalah kesehatan yang signifikan di Indonesia. Obesitas
merupakan kondisi di mana seseorang memiliki kelebihan berat badan yang
signifikan. Hal ini sering disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat seperti
mengonsumsi makanan dengan kalori yang berlebihan. Pada saat ini sangan
dibutuhkan produk/usaha yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Maranta
Rice merupakan beras analog rendah kalori yang terbuat dari umbi potensial yang
ada di Indonesia yaitu pati garut, tepung beras dan tepung porang. Dengan
slogan “Tidak takut gemuk”, maranta rice diharapkan mampu membantu orang untuk
melakukan diet sehat. Maranta Rice memiliki dua varian ukuran yaitu box
dengan berat 350gram dan pouch dengan berat 1Kg. Pemasaran yang digunakan
adalah dengan metode e marketing dan menggunakan website. Selama empat bulan
berjualan, Maranta rice mampu menjual sebanyak 53 Pcs kemasan 350gram
dan 54 kemasan 1Kg. Laba Rugi yang dihasilkan pada penjualan beras analog
Maranta Rice adalah Maranta Rice mengalami kerugian sebesar Rp. 2.968.476,00
Obesity
has become a significant health issue in Indonesia. It is a condition where
individuals have a significant excess of body weight. This is often caused by
an unhealthy lifestyle, such as consuming excessive calories. Currently, there
is a strong need for products/businesses that can address this problem. Maranta
Rice is a low-calorie analog rice made from potential local tubers in
Indonesia, such as garut starch, rice flour, and porang flour. With the slogan
"No Fear of Getting Fat," Maranta Rice aims to assist people in
maintaining a healthy diet. Maranta Rice comes in two size variations: a
350-gram box and a 1-kg pouch. The marketing strategy utilized is e-marketing
through a website. Over the course of four months, Maranta Rice has sold 53
units of the 350-gram packaging and 54 units of the 1-kg packaging. The result
of the financial loss of Rp. 2.968.476,00.
Kata Kunci : Maranta Rice, Beras Analog, diet sehat, email marketing, obesitas