Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN BISNIS BERAS ANALOG "MARANTA RICE"

Fahri Ramdhani, Dr. Ir. Priyanto Triwitono, M.P.; Dr. Rini Yanti, S.T.P., M.P.

2023 | Skripsi | TEKNOLOGI PANGAN & HASIL PERTANIAN

Obesitas telah menjadi masalah kesehatan yang signifikan di Indonesia. Obesitas merupakan kondisi di mana seseorang memiliki kelebihan berat badan yang signifikan. Hal ini sering disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat seperti mengonsumsi makanan dengan kalori yang berlebihan. Pada saat ini sangan dibutuhkan produk/usaha yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Maranta Rice merupakan beras analog rendah kalori yang terbuat dari umbi potensial yang ada di Indonesia yaitu pati garut, tepung beras dan tepung porang. Dengan slogan “Tidak takut gemuk”, maranta rice diharapkan mampu membantu orang untuk melakukan diet sehat. Maranta Rice memiliki dua varian ukuran yaitu box dengan berat 350gram dan pouch dengan berat 1Kg. Pemasaran yang digunakan adalah dengan metode e marketing dan menggunakan website. Selama empat bulan berjualan, Maranta rice mampu menjual sebanyak 53 Pcs kemasan 350gram dan 54 kemasan 1Kg. Laba Rugi yang dihasilkan pada penjualan beras analog Maranta Rice adalah Maranta Rice mengalami kerugian sebesar Rp. 2.968.476,00

Obesity has become a significant health issue in Indonesia. It is a condition where individuals have a significant excess of body weight. This is often caused by an unhealthy lifestyle, such as consuming excessive calories. Currently, there is a strong need for products/businesses that can address this problem. Maranta Rice is a low-calorie analog rice made from potential local tubers in Indonesia, such as garut starch, rice flour, and porang flour. With the slogan "No Fear of Getting Fat," Maranta Rice aims to assist people in maintaining a healthy diet. Maranta Rice comes in two size variations: a 350-gram box and a 1-kg pouch. The marketing strategy utilized is e-marketing through a website. Over the course of four months, Maranta Rice has sold 53 units of the 350-gram packaging and 54 units of the 1-kg packaging. The result of the financial loss of Rp. 2.968.476,00.

Kata Kunci : Maranta Rice, Beras Analog, diet sehat, email marketing, obesitas

  1. S1-2023-431482-abstract.pdf  
  2. S1-2023-431482-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-431482-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-431482-title.pdf