Strategi Berbahasa dalam Wacana Iklan Paket Internet di Instagram
Adinda Risqi Aulia, Drs. Suharsono, M.Hum.
2023 | Skripsi | S1 SASTRA INDONESIA
Penelitian ini membahas wacana iklan produk paket internet
milik lima operator seluler di Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menjelaskan struktur wacana iklan produk paket internet operator seluler di
Instagram beserta ciri kebahasaannya dan menguraikan strategi berbahasa yang
digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak
dengan teknik catat. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode padan dan
kemudian disajikan dengan metode informal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur wacana
iklan produk paket internet operator seluler terdiri atas pembuka, isi, dan penutup.
Ciri kebahasaan yang ditemukan adalah penggunaan ragam bahasa percakapan, ragam
bahasa slang, dan register bidang internet, penggunaan kode bahasa asing dan
bahasa daerah, penggunaan kalimat deklaratif, interogatif, dan imperatif, serta
penggunaan kata-kata aktif yang menunjukkan sebuah tindakan dan kata-kata yang
menimbulkan keinginan. Ditemukan 15 strategi berbahasa yang digunakan oleh lima
operator seluler dalam wacana iklan paket internetnya antara lain penggunaan
register bidang internet, penggunaan tren sebagai topik iklan, penggunaan ragam
bahasa nonformal, penggunaan ragam bahasa gaul dan campur kode, penggunaan
jenis kalimat dan kata kunci tertentu, penggunaan kata sapaan kamu, penggunaan
gaya bahasa asonansi, penggunaan emoji, penggunaan tebakan, penggunaan gaya
bahasa antitesis, penggunaan gaya bahasa personifikasi, penggunaan gaya bahasa
onomatope, penggunaan gaya bahasa aliterasi, penggunaan pantun, dan penggunaan
sinonim.
This
research discusses the advertisements discourse of internet package products by
five cellular providers on Instagram. This research aims to find out the
structure of the advertisements discourse of internet package products on
Instagram and its linguistic characteristics, as well as to elaborate the
language strategy used in the advertisements. The method used in this research
is an observation method with a note-taking technique. The data then are
analyzed using matching method and provided in an informal method.
The
result shows that the structure of the advertisements discourse of internet
package products consists of headline, body, and close. The linguistic
characteristic found in the advertisements are divided into a few categories,
i.e. used of conversational language variety, slang language variety, and
registers in internet field; used of foreign language and regional language
codes; used of declarative, interrogative and imperative sentences; and uses
active words that indicate an act and words that mean to appeal. There were 15
language strategies used by five cellular providers in their internet package
advertisements, including the use of registers in internet field, use of trends
as advertising topics, use of non-formal language variety, use of slang
language variety and code mixing, use of certain types of sentences and
keywords, use of pronounce kamu (you),
use of assonance, use of emojis, use of guesses, use of antithesis, use of
personification, use of onomatopoeia, use of alliteration, use of pantun (rhyme), and use of synonyms.
Kata Kunci : strategi berbahasa, wacana, iklan, paket internet, operator seluler