Pengaruh Sikap Terhadap Merek dan Pemengaruh Pada Niat Beli Konsumen (Studi Pada Pemengaruh Mode di Instagram)
Salsabila Athirah, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.,Sc.
2023 | Skripsi | MANAJEMEN
Penelitian
ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sikap terhadap merek dan
pemengaruh pada niat beli konsumen. Objek dari penelitian ini adalah pemengaruh
mode di Instagram. Kriteria responden dari penelitian ini adalah pengguna
aplikasi Instagram dan menjadi pengikut aktif dari pemengaruh mode yang berdomisili di
Pulau Jawa khususnya pada provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur,
Yogyakarta, dan Jawa Tengah dengan usia minimal 17 tahun serta pernah melihat
atau membaca konten promosi yang diunggah oleh pemengaruh dalam kurun satu
tahun terakhir. Metode pengambilan sampling adalah purposive sampling.
Penelitian ini mendapatkan responden sejumlah 278 responden. Penelitian ini
menggunakan metode Partial Least Squares – Structural Equation Modeling
(PLS-SEM) dengan perangkat lunak SMART PLS dalam melakukan olah data.
Hasil dari penelitian ini adalah
kredibilitas yang dirasakan, kepercayaan, keahlian yang dirasakan, dan
kesesuaian yang dirasakan berpengaruh positif pada sikap terhadap pemengaruh.
Akan tetapi, kontrol perilaku yang dirasakan dan norma subjektif memiliki
pengaruh negatif pada sikap terhadap pemengaruh. Kemudian, sikap terhadap
pemengaruh memiliki pengaruh positif pada sikap terhadap merek serta sikap
terhadap pemengaruh memiliki pengaruh positif terhadap niat beli. Sebagai hasil
akhir, sikap terhadap merek memiliki pengaruh positif terhadap niat beli.
This
study aims to examine dan analyze the influence of attitudes toward brands dan
the influence on consumer purchase intentions. The object of this research is
influencer mode on Instagram. The criteria for respondents in this study were
Instagram application users dan active followers of fashion influencers who
live on the island of Java, especially in the provinces of Banten, DKI Jakarta,
West Java, East Java, Yogyakarta, dan Central Java, with a minimum age of 17
years dan have seen or read Promotional content uploaded by influencers within
the last one year. The sampling method is purposive sampling. This study
obtained 278 respondents. This study used the Partial Least Squares – Structural Equation Modeling
(PLS-SEM) method with SMART PLS software to process the data.
The
results of this study are that perceived credibility, trust, perceived
understanding, dan perceived kinship have a positive effect on attitudes toward
influencers. However, perceived behavioral control dan subjective norms have a
negative effect on attitudes toward influencers. Then the attitude towards the
influencer has a positive influence on the attitude towards the brand, dan the
attitude towards the influencer has a positive influence on purchase intention.
As a result, attitude towards the brand positively influences purchase
intention.
Kata Kunci : pemengaruh mode, sikap terhadap pemengaruh, sikap terhadap merek, niat beli