PERENCANAAN STRATEGIS KAMPANYE KOMUNIKASI PUBLIK KEMENTERIAN NEGARA DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (Studi Kasus pada Kampanye #MulaiDariKamu Periode 2021 oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia)
Nadhira Aufa Adzani, Dr. Nyarwi Ahmad, S.I.P., M.Si.
2023 | Skripsi | Ilmu Komunikasi
Komunikasi publik pemerintah yang efektif berperan vital untuk menghadapi krisis atau situasi yang mengancam, seperti pandemi Covid-19. Utamanya, kampanye komunikasi publik di situasi krisis dimanfaatkan sebagai moda intervensi pemerintah dalam mengedukasi publik dan mempersuasi perubahan perilaku yang bermakna. Menyambut babak baru pandemi Covid-19 yakni era Adaptasi Kebiasaan Baru, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama mitra strategisnya Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menggulirkan kampanye #MulaiDariKamu. Kampanye berskala besar ini bertujuan menyebarluaskan semangat saling bantu dan edukasi sesama serta ajakan penerapan protokol kesehatan maupun vaksinasi. Agar dapat berjalan efektif, kampanye ini perlu disokong oleh perencanaan kampanye yang matang dan sistematis.
Riset ini berfokus mengelaborasi perencanaan strategis kampanye #MulaiDariKamu periode 2021 dalam menghadapi krisis pandemi. Lebih jauh, riset ini akan memaparkan penyusunan strategi kontekstualisasi, strategi perencanaan kampanye, dan evaluasi kampanye #MulaiDariKamu periode 2021. Melalui studi kasus, peneliti akan menganalisis perancangan kampanye #MulaiDariKamu periode 2021 dengan mengadaptasi konsep perencanaan strategis kampanye komunikasi publik menurut Atkin & Rice (2013) dan Matusitz (2022) yang mempertimbangkan best practice berkomunikasi di situasi krisis menurut Seeger (2006) dan Covello (2003), serta strategi komunikasi pemerintah di situasi pandemi menurut Radwan & Mousa (2020).
Hasil riset memperlihatkan bahwa DJIKP Kementerian Kominfo dan pihak terlibat mengadopsi perencanaan strategis dalam merancang kampanye #MulaiDariKamu periode 2021. Adapun proses yang ditemukan memiliki beberapa penyesuaian, antara lain diawali pembentukan tim ad-hoc untuk memahami perkembangan situasi & publik, serta menetapkan visi menyasar kesadaran hingga perubahan perilaku. Mereka kemudian mengembangkan strategi komunikasi positif berbasis edukatif-persuasif yang disokong strategi diseminasi generalist dan kolaborasi pentahelix. Selanjutnya, untuk menjaga akuntabilitas, dilakukan pemantauan dan audit keberlangsungan dan capaian kampanye oleh tim internal dan pejabat khusus secara berkala. Proses ini berjalan secara dinamis karena bersaing dengan situasi yang memerlukan respons cepat di waktu yang bersamaan. Dengan demikian, perencanaan kampanye komunikasi publik lembaga pemerintahan dalam menghadapi krisis (pandemi) harus berjalan secara strategis, mengedepankan strategi edukatif-persuasif, kolaboratif, serta adaptif.
Kata Kunci : komunikasi publik pemerintah, kampanye komunikasi publik, perencanaan strategis, krisis pandemi, kementerian komunikasi dan informatika / government public communication, public communication campaign, strategic planning, pandemic crisis, ministry of comm