Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Mahasiswa Fakultas Peternakan pada Minat Beli Sosis Premium
Pristya Tika Dyah Ayu, Ir. R. Ahmad Romadhoni Surya Putra, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng
2023 | Skripsi | ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKAN
Latar
belakang penelitisn ini adalah sosis premium merupakan produk peternakan yang
mampu menjaring pasar remaja. Sosis premium ini memikiki harga yang termasuk
mahal dikalangan remaja, namun memiliki tingkat penjualan top brand 10 makanan
beku nomor 2 khususnya merk kanzler. Namun dalam pembelian ini remaja khususnya
mahasiswa memiiki faktor-faktor. Faktor minat beli mahasiswa diantaranya yaitu
uang saku, promoi dan pengetahuan gizi. Materi yang digunakan pada penelitian
ini adalah mahasiswa Fakultas Peternakan Univeristas Gadjah Mada Angkatan 2019
dan 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah pengambilan keputusan
menggunakan purposive sampling. Dengan
kriteria pernah mengkonsumsi sosis kanzler dan mengakses tiktok. Metode yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan fungsi untuk
mengetahui pengaruh faktor minat beli khususnya pengaruh uang saku,pengetahuan
gizi dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi minat beli. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
kuesioner.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel uang saku
mempengaruhi dalam perilaku pembelian sosis premium. Pada variabel promosi
menunjukan bahwa berpengaruh pada pembelian sosis premium. Pada variabel
pengetahuan gizi menujukan berpengaruh pada minat beli terhadap sosis premium.
Dari ketiga faktor berpengaruh dan nilai dari pengetahuan gizi (79,2%), promosi
(29,8%) dan uang saku (20,6%)
The background of this research is premium sausage is a livestock
product that is able to capture the youth market. This premium sausage has a
price that is quite expensive among teenagers, but has a sales level of the top
10 frozen food brands number 2, especially the kanzler brand. However, in this
purchase, teenagers, especially students, have factors. Factors in student
buying interest include pocket money, promotion and knowledge of nutrition. The
materials used in this study were students of the Faculty of Animal Husbandry,
Gadjah Mada University, Class of 2019 and 2020. The research method used was
decision making using purposive sampling. With the criteria of having consumed
kanzler sausage and accessing tiktok. The method of analysis is multiple linear
regression with a function to determine the influence of buying interest
factors together to influence buying interest. The research instrument used was
a questionnaire. The results of the study showed that the variable pocket money
influences the buying behavior of premium sausages. The promotion variable
shows that it influences the purchase of premium sausages. The nutritional
knowledge variable shows an effect on buying interest in premium sausages. Of
the three influential factors and the value of knowledge of nutrition (79.2%),
promotion (29.8%) and pocket money (20.6%
Kata Kunci : Consumer Behavior, Purchase Intention, Promotion, Pocket Money, and Knowledge of Nutrition