Laporkan Masalah

Strategi Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Corporate Social Responsibility

Fachmi Rizal Chaniago, Dr. Muhamad Sulhan, M.Si.

2023 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Penelitian ini mengkaji tentang strategi komunikasi dalam implementasi program CSR ‘Batik Serumpun Berlian’ PT. Pertamina EP 1 Jambi Field di Kampung Legok, Provinsi Jambi pada tahun 2018-2022. PT. Pertamina EP Asset 1 Jambi Field dengan program CSR rumah ‘Batik Serumpun Berlian’ yang berlangsung selama 5 tahun (2018-2022) selain membawa perkembangan secara ekonomi dengan memaksimalkan potensi masyarakat setempat namun juga menjadi faktor besar pendorong perubahan secara sosial dan budaya pada masyarakat Kampung Legok, Provinsi Jambi. Aspek yang dianalisis dalam penelitian ini adalah implementasi strategi komunikasi dalam program CSR yang diterapkan dengan model community development (pemberdayaan masyarakat) melalui pengorganisiran kegiatan dari segi perencanaan, inisiasi dan peengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus dengan tiga tahap analisis data yaitu reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data secara deskriptif. Strategi komunikasi menjadi pondasi dalam implementasi program CSR pemberdayaan masyarakat ‘Batik Serumpun Berlian’. Strategi komunikasi di program ini diaplikasikan mulai dari riset awal kegiatan dalam bentuk pemetaan sosial, diikuti oleh pengembangan program yang dikemas dengan tajuk ‘Kampung Bersinar’ atau kampung bersih dari narkoba, juga dalam kegiatan monitoring dan evaluasi secara berkala yang dilakukan dengan partisipasi seluruh elemen pemangku kepentingan dan termasuk di dalamnya adalah masyarakat Kampung Legok.

This research examines the communication strategy in the implementation of the CSR program 'Batik Serumpun Berlian' by PT. Pertamina EP 1 Jambi Field in Kampung Legok, Jambi Province from 2018 to 2022.  The ‘Batik Serumpun Berlian’ CSR program has brought economic development by maximizing the potential of the local community while also being a major driving factor for its social and cultural change. This study analyzes the implications of the communication strategy applied in the CSR program using the community development model, focusing on the organization of its activities in terms of planning, initiation, and development. The research adopts a qualitative approach, employing a case study method with three stages of data analysis: data reduction, presentation, and conclusion drawing through descriptive data verification. The communication strategy in this program is implemented starting from the initial research phase in the form of social mapping, followed by the development of programs packaged under the title ‘Kampung Bersinar' or a village that is free from drugs. It also includes regular monitoring and evaluation activities conducted with the participation of all stakeholders, including the community of Kampung Legok.

Kata Kunci : CSR, strategi komunikasi, community development/CSR, communication strategy, community development

  1. S2-2023-471508-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471508-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471508-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471508-title.pdf