Strategi Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Corporate Social Responsibility
Fachmi Rizal Chaniago, Dr. Muhamad Sulhan, M.Si.
2023 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi
Penelitian
ini mengkaji tentang strategi komunikasi dalam implementasi program CSR ‘Batik
Serumpun Berlian’ PT. Pertamina EP 1 Jambi Field di Kampung Legok, Provinsi
Jambi pada tahun 2018-2022. PT. Pertamina EP Asset 1 Jambi Field dengan program
CSR rumah ‘Batik Serumpun Berlian’ yang berlangsung selama 5 tahun (2018-2022)
selain membawa perkembangan secara ekonomi dengan memaksimalkan potensi
masyarakat setempat namun juga menjadi faktor besar pendorong perubahan secara
sosial dan budaya pada masyarakat Kampung Legok, Provinsi Jambi. Aspek yang
dianalisis dalam penelitian ini adalah implementasi strategi komunikasi dalam
program CSR yang diterapkan dengan model community development (pemberdayaan
masyarakat) melalui pengorganisiran kegiatan dari segi perencanaan, inisiasi
dan peengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang
menggunakan metode studi kasus dengan tiga tahap analisis data yaitu reduksi,
penyajian serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data secara deskriptif. Strategi
komunikasi menjadi pondasi dalam implementasi program CSR pemberdayaan
masyarakat ‘Batik Serumpun Berlian’. Strategi komunikasi di program ini
diaplikasikan mulai dari riset awal kegiatan dalam bentuk pemetaan sosial,
diikuti oleh pengembangan program yang dikemas dengan tajuk ‘Kampung Bersinar’
atau kampung bersih dari narkoba, juga dalam kegiatan monitoring dan evaluasi
secara berkala yang dilakukan dengan partisipasi seluruh elemen pemangku
kepentingan dan termasuk di dalamnya adalah masyarakat Kampung Legok.
This
research examines the communication strategy in the implementation of the CSR
program 'Batik Serumpun Berlian' by PT. Pertamina EP 1 Jambi Field in Kampung
Legok, Jambi Province from 2018 to 2022. The ‘Batik Serumpun Berlian’ CSR program has
brought economic development by maximizing the potential of the local community
while also being a major driving factor for its social and cultural change. This
study analyzes the implications of the communication strategy applied in the
CSR program using the community development model, focusing on the organization
of its activities in terms of planning, initiation, and development. The
research adopts a qualitative approach, employing a case study method with
three stages of data analysis: data reduction, presentation, and conclusion
drawing through descriptive data verification. The communication strategy in
this program is implemented starting from the initial research phase in the
form of social mapping, followed by the development of programs packaged under
the title ‘Kampung Bersinar' or a village that is free from drugs. It also
includes regular monitoring and evaluation activities conducted with the
participation of all stakeholders, including the community of Kampung Legok.
Kata Kunci : CSR, strategi komunikasi, community development/CSR, communication strategy, community development