Laporkan Masalah

Perancangan Model Bisnis Artizen Pottery: Laman Penyedia Produk Kerajinan Gerabah yang Dapat Dikustomisasi

CITRA HANDRAJATI LISTIANINGTYAS, Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom., Cand.Merc., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Tujuan utama dilakukan penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan model bisnis yang tepat bagi Artizen Pottery. Adapun tujuan spesifik lainnya yaitu untuk menganalisis pandangan calon pelanggan potensial terhadap rencana bisnis Artizen Pottery melalui peta empati. Kedua, untuk merancang model bisnis Artizen Pottery sebagai laman penyedia produk kerajinan gerabah yang dapat dikustomisasi. Tujuan ketiga yaitu untuk menganalisis kelayakan model bisnis Artizen Pottery dengan berdasarkan pada aspek ekonominya. 

Metode yang digunakan dalam penelitian Artizen Pottery ialah metode analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pada analisis data kualitatif, metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Pengambilan data wawancara dilakukan dengan metode wawancara mendalam dengan informan berupa 3 orang perajin gerabah rumahan di Kasongan, Yogyakarta, dan hasilnya dianalisis menggunakan analisis konten kualitatif. Metode analisis kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Data didapatkan melalui proses survei dengan pertanyaan yang disusun berdasarkan pada peta empati. Responden survei merupakan calon pelanggan potensial Artizen Pottery berjumlah 30 orang yang dipilih dengan purposive sampling. Selain itu terdapat analisis kelayakan keuangan dengan menghitung nilai NPV, IRR, dan PP.

Keseluruhan data yang dihasilkan selanjutnya digunakan sebagai dasar penyusunan rancangan model bisnis Artizen Pottery dengan menggunakan kanvas model bisnis. Berdasarkan hasil perhitungan kelayakan ekonomi, diperoleh nilai NPV sebesar Rp 72.678.152, nilai IRR sebesar 69%, dan nilai PP atau lama pengembalian modal 2 tahun 3 bulan. Data ini menunjukkan bahwa model bisnis Artizen Pottery layak untuk dijalankan jika berdasarkan dari hasil analisis ekonomi.

The main objective of this research is to develop a suitable business model for Artizen Pottery. Other specific objectives include analyzing potential customers' perceptions towards the business plan of Artizen Pottery as a platform for providing customizable pottery products. The third objective is to assess the feasibility of the Artizen Pottery business model based on its economic aspects.

The research methodology employed for Artizen Pottery includes qualitative and quantitative data analysis methods. In the qualitative data analysis, data collection is conducted through interviews. The interview data is gathered using in-depth interviews with 3 home-based pottery craftsmen in Kasongan, Yogyakarta, and analyzed using qualitative content analysis. The quantitative analysis method in this research employs descriptive statistical analysis. Data is obtained through a survey process with questions designed based on the empathy map. The survey respondents consist of 30 potential customers of Artizen Pottery, selected through purposive sampling. Additionally, there is a feasibility analysis involving the calculation of NPV, IRR, and PP values.

The data generated form both analyses are the utilized to formulate the business model for Artizen Pottery using business model canvas. Based on the results of the economic feasibility calculations, an NPV value of Rp 72.678.152, an IRR value of 69%, and a PP value of 2 years and 3 months are obtained. These results indicate that the Artizen Pottery business model is financially feasible according to the economic analysis.

Kata Kunci : Rancangan Model Bisnis, Gerabah, Kustomisasi, Website

  1. S2-2023-465012-abstract.pdf  
  2. S2-2023-465012-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465012-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-465012-title.pdf