Laporkan Masalah

Pengaruh Dialog Terpersepsi dalam Dompet Digital pada Perilaku Pembelian Impulsif yang Dimediasi oleh Antropomorfisme dan Rasa Sakit Pembayaran

Annisa Shavira Agusti Mardhika, Widya Paramita, S.E., M.Sc., Ph.D

2023 | Tesis | S2 SAINS MANAJEMEN

Perkembangan metode pembayaran terjadi seiring perkembangan teknologi yang ada. Dalam penggunaan dompet digital, terdapat fitur-fitur chatbot dan pop up notifikasi yang dapat digambarkan sebagai sebuah komunikasi dalam dompet digital. Dialog terpersepsi dalam dompet digital dapat berupa mengenali lawan bicara, menyapa pengguna menggunakan nama, mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan yang sesuai (misalnya menyetujui, menunjukkan, penghargaan). Antropomorfisme dapat menyebabkan perubahan persepsi pengguna serta melibatkan hubungan emosional yang lebih mendalam. Dialog terpersepsi dalam dompet digital yang mengalami antropomorfisme mengalami pergeseran persepsi penguna yang menyebabkan rasa sakit pembayaran meningkat akibat adanya kedekatan emosional. Rasa sakit pembayaran ini menghasilkan perilaku pembelian impulsif yang menurun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik berbasis SPSS. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik non probability sampling dengan metode pemilihan sampel non purposive sampling. Pengumpulan data melalui survey secara daring kemudian dibagikan kepada 203 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan positif antara dialog terpersepsi pada perilaku pembelian impulsif. Selain itu, antropomorfisme serta rasa sakit pembayaran memediasi hubungan negatif dialog terpersepsi dan perilaku pembelian impulsif.



The development of payment methods occurs along with the development of existing technology. When using a digital wallet, there are chatbot features and pop up notifications which can be described as communication in a digital wallet. Perceived dialogue in digital wallets can take the form of recognizing the interlocutor, greeting the user by name, asking questions and providing appropriate responses (e.g. agreeing, showing, appreciation). Anthropomorphism can cause changes in user perception as well as involve a deeper emotional connection. The perceived dialogue in digital wallets that experience anthropomorphism experiences a shift in user perception which causes payment pain to increase due to emotional closeness. These payment pains result in decreased impulse buying behavior. This research uses a quantitative approach by testing hypotheses using SPSS-based statistical analysis. Data collection was carried out using non-probability sampling techniques with a non-purposive sampling method. Data was collected through an online survey and then distributed to 203 respondents. The research results show that the overall hypothesis is accepted, namely that there is a positive relationship between perceived dialogue and impulsive buying behavior. In addition, anthropomorphism as well as payment pain mediate the negative relationship between perceived dialogue and impulse buying behavior.

Keywords: Perceived dialogue, anthropomorphism, payment pain, impulse buying behavior, digital wallet. 


Kata Kunci : Dialog terpersepsi, antropomorfisme, rasa sakit pembayaran, perilaku pembelian impulsif, dompet digital.

  1. S2-2023-447891-abstract.pdf  
  2. S2-2023-447891-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-447891-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-447891-title.pdf