Laporkan Masalah

Strategi PT BPRS Magetan (Perseroda) Untuk Memenangkan Persaingan

Bedit Nana Sambodo, Prof. Amin Wibowo. M.B.A.,Ph.D.,

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Pendapatan BPRS Magetan (perseroda) mengalami penurunan dalam laporan tahunan terakhir, dan tergolong kecil diantara empat BPR/BPRS yang memiliki asset diatas 50 milyard dan berkantor pusat di kabupaten Magetan, padahal industri perbankan baik di Indonesia maupun di kabupaten Magetan sedang mengalami pertumbuhan. Hal inilah yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor faktor yang berpengaruh terhadap keunggulan bersaing BPRS Magetan (perseroda) dan merumuskan strategi bisnis yang tepat pada unit bisnis tersebut untuk memenangkan persaingan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik dakumentasi dan wawancara mendalam.

Hasil analisis menunjukan bahwa keunggulan kompetitif untuk memenangkan persaingan pada unit binis BPRS Magetan (perseroda) di pengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal yang mempengaruhi unit bisnis BPRS Magetan (perseroda) untuk memenangkan persaingan antara lain pertumbuhan UMKM yang menjanjikan industri perbankan juga tumbuh, Perubahan gaya hidup masyarakat (cashless) berdampak langsung terhadap industri perbankan dan perkembangan teknologi/sistem informasi yang membuat industri perbankan harus beradaptasi lebih cepat. Sedangkan faktor internal yang mempengaruhi keunggulan bersaing BPRS Magetan (perseroda) antara lain syarat pengajuan kredit yang mudah dan cepat, banyak sedikitnya jaringan kantor cabang /kantor kas, reputasi merk, serta kuat tidaknya kemampuan aset /permodalan.

Strategi bisnis BPRS Magetan (perseroda) yang harus di terapkan untuk memenangkan persaingan dalam penelitian ini antara lain hold and maintain strategi (penetrasi pasar dan pengembangan produk) dan strategi generik yaitu a broad differentiation strategy melalui langkah konkrit yaitu membuat fitur produk inovatif yang menarik, Meningkatkan layanan pelanggan, melakukan kegiatan promosi yang intensif, serat mendirikan bagian team research and development tersendiri agar lebih adaptif terhadap teknologi terbaru

PT BPRS Magetan (perseroda) revenues have decreased in the last annual report, and are relatively small among the four BPR/BPRS that have assets of over 50 billion and are headquartered in the Magetan district, even though the banking industry in both Indonesia and the Magetan district is experiencing growth. This is the formulation of the problem in this study. This study aims to identify the factors that influence the competitive advantage of BPRS Magetan (perseroda) and formulate the right business strategy for this business unit to win the competition. The research method used is descriptive qualitative. Data was collected through documentation techniques and in-depth interviews.

The results of the analysis show that the competitive advantage needed to win the competition in the BPRS Magetan (perseroda) business unit is influenced by external and internal factors. External factors influencing the BPRS Magetan (perseroda) business unit to win the competition include the growth of MSMEs that promise the banking industry will also grow, Changes in people's lifestyles (cashless) have a direct impact on the banking industry, and developments in information technology/systems that make the banking industry have to adapt more quickly. While the internal factors that affect the competitive advantage of BPRS Magetan (perseroda) include easy and fast credit application requirements, the number of branches/cash office networks, brand reputation, and the strength of assets/capital capabilities.

The business strategy of BPRS Magetan (perseroda) that must be implemented to win the competition in this study includes a hold and maintain strategy (market penetration and product development) and a generic strategy, namely a broad differentiation strategy through concrete steps, namely creating attractive innovative product features, improving customer service, carrying out intensive promotional activities, and establishing a separate research and development team section to be more adaptive to the latest technology


Kata Kunci : faktor eksternal ; faktor internal ; keunggulan bersaing ; strategi generic ; strategi diferensiasi luas

  1. S2-2023-486252-abstract.pdf  
  2. S2-2023-486252-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-486252-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-486252-title.pdf