Laporkan Masalah

Preferensi Konsumen Pada Cabai Segar dan Olahan di Jabodetabek

Fajar Istiqomah, Dr. Ir. Lestari Rahayu Waluyati, M.P.; Arini Wahyu Utami, M.Sc., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Magister Manj.Agribisnis

Cabai merupakan komoditas hortikultura yang dibutuhkan setiap hari oleh 
masyarakat. Komoditas ini sering menyumbang inflasi karena harganya berfluktuasi. 
Fluktuasi harga disebabkan karena ketidakseimbangan antara produksi dan 
konsumsi. Produksi cabai terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan karena bersifat 
musiman, sedangkan pola konsumsinya cenderung cabai segar. Oleh karena itu 
diperlukan substitusi sebagai alternatif pengganti cabai segar. Penelitian ini bertujuan 
untuk: 1) Mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap cabai olahan dan cabai 
segar, 2) Mengidentifikasi preferensi konsumen pada beberapa jenis cabai olahan, 3) 
Mengkaji kesediaan konsumen untuk membayar produk olahan cabai yang disukai. 
Jabodetabek dipilih karena memiliki penduduk yang heterogen dari berbagai suku 
wilayah sehingga dapat merepresentasikan Indonesia. Penelitian dilakukan dari bulan 
Februari – Maret 2023 dengan menggunakan alat bantu kuesioner yang disebarkan 
secara online. Responden dipilih dengan quota sampling dengan jumlah 180 
responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan Discrete Choice Experiment
Data hasil kuesioner Discrete Choice Experiment dianalisis menggunakan regresi 
conditional logit untuk mengungkap preferensi konsumen dan kesediaan membayar 
(WTP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden lebih menyukai cabai segar 
dibandingkan cabai olahan. Sejalan dengan preferensinya, dibandingkan dengan 
cabai segar, marginal willingness to pay (MWTP) cabai olahan adalah negative. Pada 
beberapa cabai olahan, responden lebih menyukai cabai olahan yang berbentuk 
kering utuh, berwarna merah terang, dan memiliki tingkat kepedasan yang sangat 
pedas. Sejalan dengan itu, dibandingkan dengan cabai kering utuh, marginal 
willingness to pay (MWTP) cabai olahan dalam bentuk bubuk dan pasta adalah 
negatif. Dibandingkan dengan cabai olahan dengan tingkat kepedasan sangat pedas, 
MWTP cabai olahan dengan tingkat kepedasan pedas dan kurang pedas negatif. 
Dibandingkan dengan cabai olahan yang berwarna merah terang, MWTP cabai 
olahan yang berwarna merah pudar adalah negatif.

Chili is a horticultural commodity that is needed every day by the community. 
These commodities often contribute to inflation because their prices fluctuate. Price 
fluctuations are caused by an imbalance between production and consumption. Chili 
production is sometimes not in accordance with the needs because it is seasonal, 
while the pattern of consumption tends to be fresh chili. Therefore, substitution is 
needed as an alternative to fresh chili. This study aims to: 1) Identify consumer 
preferences for processed chili and fresh chili, 2) Identify consumer preferences for 
some processed chili products, 3) Assess consumers' willingness to pay for the 
preferred processed chili product. Jabodetabek was chosen because it has a 
heterogeneous population from various ethnic groups so that it can represent 
Indonesia. The research was conducted from February to March 2023 using a online 
questionnaire. Respondents were selected by quota sampling with a total of 180 
respondents. This study uses the Discrete Choice Experiment approach. Data from 
the Discrete Choice Experiment questionnaire were analyzed using conditional logit 
regression to reveal consumer preferences and willingness to pay (WTP). The results 
showed that respondents preferred fresh chili over processed chili. In line with their 
preferences, compared to fresh chili, the marginal willingness to pay (MWTP) of 
processed chili is negative. In some processed chili, respondents preferred whole 
dried chilies with a level of very spicy and color of bright red. Accordingly, compared 
to whole dried chili, the marginal willingness to pay (MWTP) of processed chili in the 
form of powder and paste is negative. Compared to processed chili with very hot 
spiciness, the MWTP of processed chili with spicy and less spicy levels was negative. 
Compared to processed chili which are bright red in color, the MWTP of processed 
chili which are faded red is negative.

Kata Kunci : Cabai, Discrete Choice Experiment, Preferensi Konsumen, Willingness to Pay

  1. S2-2023-476143-abstract.pdf  
  2. S2-2023-476143-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-476143-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-476143-title.pdf