Laporkan Masalah

Pengaruh Mediasi Work Engagement Terhadap Hubungan Antara Person-Organization Fit Dan Turnover Intention: Studi Pada Karyawan Milenial Di Perusahaan Rintisan

SATRIA KADAFI NARARENDRA, Gugup Kismono, MBA., Ph.D.,

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari mediasi work engagement terhadap person-organization fit dan turnover intention. Penelitian ini dilakukan secara general dengan mengumpulkan sampel karyawan milenial yang bekerja di perusahaan rintisan di Indonesia dan responden sebanyak 201 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang disebar secara daring dan diolah dengan menggunakan aplikasi smartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menemukan bahwa person-organization fit berpengaruh negatif dan signifikan pada turnover intention karyawan milenial di perusahaan rintisan. Hasil penelitian juga menemukan bahwa work engagement memiliki pengaruh mediasi negatif pada pengaruh person-organization fit tehadap turnover intention karyawan milenial yang bekerja di perusahaan rintisan.

This research aims to test and analyze the influence of work engagement mediation on person-organization fit and turnover intention. The study was gathering a sample if millennial employees working in startup companies in Indonesia, with a total of 201 respondents. This research is using quantitative method, utilizing data collection through online questionnaire distribution and processed using the SmartPLS 3.0 application. The result of this study reveal that person-organization fit has a significant negative influence on turnover intention among millennial employees in startup companies. This study also found that work engagement mediates the negative influence of person-organization fit on turnover intention among millennial employees working in startup companies.

Kata Kunci : person-organization fit, turnover intention, work engagement.

  1. S2-2023-465132-abstract.pdf  
  2. S2-2023-465132-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465132-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-465132-title.pdf