Kegiatan Endorsement Melalui Media Sosial Di Era Digital Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis
Fenia Salsabila Rachma, Prof. Dr. Lasiyo, M.A., M.M, Dr. Hastanti Widy Nugroho, S.S., M.Hum
2023 | Skripsi | ILMU FILSAFAT
Penelitian
ini berjudul Kegiatan Endorsement Melalui Media Sosial Di Era Digital
Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis yang dilatarbelakangi oleh kemajuan
zaman yang membuat teknologi semakin berkembang dan adanya media sosial yang
banyak dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis melalui kegiatan endorsement.Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kegiatan endorsement melalui
media sosial di era digital dan mendeskripsikan pandangan etika bisnis terhadap
kegiatan endorsement melalui media sosial di era digital.
Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kepustakaan yang menggunakan metode deskriptif-analitis. Metode itu memberikan gambaran data yang ada dan penjelasannya serta melakukan pemeriksaan konsepsional atas makna yang terdapat dalam istilah-istilah yang digunakan dan pernyataan-pernyataan yang dibuat. Tahapan penelitian ini meliputi tahapan persiapan, tahapan pengumpulan dan inventarisasi data, tahap analisis data, dan tahap evaluasi kritis. Analisis dalam penelitian ini menggunakan unsur metodis berupa deskripsi, interpretasi, heuristika, dan refleksi kritis.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu deskripsi tentang kegiatan endorsement adalah suatu sumber langsung dalam menyampaikan suatu pesan dan memperagakan produk atau jasa dalam promosi yang bertujuan tersampainya pesan suatu produk dengan efektif, serta penjelasan mengenai pandangan etika bisnis terhadap kegiatan endorsement melalui media sosial di era digital bahwa beberapa endorser sudah berusaha menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis namun belum sepenuhnya diterapkan.
This
research is entitled Endorsement Activities Through Social Media in the Digital
Era From the Perspective of Business Ethics. The background is the progress of
the times, where technology is growing and the existence of social media is
widely used to promote businesses through endorsement activities. This study
aims to describe endorsement activities through the media. social media in the
digital era and describes the view of business ethics towards endorsement
activities through social media in the digital era.
This
research was conducted by library researchers using the descriptive-analytical
method. The method provides an overview of existing data and explanations and
performs a conceptual examination of the meaning contained in the terms used
and the statements made. The stages of this research include the preparation
stage, the data collection and inventory stage, the data analysis stage, and
the critical evaluation stage. The analysis in this study uses methodical
elements in the form of descriptions, interpretations, heuristics, and critical
reflection.
The
results obtained from this study are a description of endorsement activities,
which is a direct source of conveying a message and demonstrating products or
services in promotions that aim to convey the message of a product effectively,
as well as an explanation of the view of business ethics towards endorsement
activities through social media in the digital era, where some endorsers have
tried to apply the principles of business ethics but have not fully implemented
them.
Kata Kunci : Etika Bisnis, Kegiatan Endorsement, Media Sosial