Pengaruh Nilai Iklan Dan Citra Merek Pada Kesetiaan Merek Yang Dimediasi Sikap Merek BNI Mobile Banking
AHMAD FIKRI, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.,
2023 | Tesis | S2 Manajemen
Mengantisipasi peningkatan pemanfaatan layanan keuangan digital, PT. Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI, meluncurkan aplikasi New BNI Mobile
Banking untuk membangun citra merek yang dikomunikasikan melalui iklan secara
intensif.
Pada September 2021, terlihat peningkatan tren dan nilai transaksi dari tahun
sebelumnya, sehingga menjadi menarik untuk meninjau kembali hubungan pengguna
antara nilai iklan dan citra merek pada sikap merek dan kesetiaan merek BNI Mobile
Banking untuk memastikan konsistensi tren positif tersebut. Penelitian dilakukan
secara kuantitatif, pada pengguna BNI Mobile Banking yang berdomisili di
Jabodetabek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai iklan dan citra merek mampu
memprediksi sikap merek, adapun sikap merek juga mampu memprediksi kesetiaan
merek BNI Mobile Banking. Kedua hubungan tersebut sama-sama kuat dalam
memprediksi kesetiaan merek, namun yang paling kuat hubungannya adalah nilai iklan
dan citra merek terhadap sikap merek. Sikap merek yang diketahui juga mampu
menjadi pemediasi pengaruh citra merek pada loyalitas merek.
Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menambah literatur dan studi
empiris, serta dapat menjadi referensi dan informasi bagi pemasar dan pelaku bisnis
dalam penggunaan iklan terkait nilai iklan dan sikap pelanggan untuk membangun
kesetiaan merek khususnya merek BNI Mobile Banking.
Anticipating the increasing use of digital financial services, PT. Bank Negara
Indonesia (Persero) Tbk. or BNI, launched the New BNI Mobile Banking
application to build a brand image communicated through intensive advertising.
In September 2021, there was a trend of increasing users and transaction
values from the previous year, so it is interesting to examine the relationship
between advertising value and brand image on brand attitude and brand loyalty of
BNI Mobile Banking to ensure the consistency of this positive trend. The research
was carried out quantitatively, on BNI Mobile Banking users who are domiciled in
Jabodetabek.
The results showed that advertising value and brand image were able to
predict brand attitudes, while brand attitudes were also able to predict BNI Mobile
Banking brand loyalty. Both of these relationships are equally strong in predicting
brand loyalty, but the strongest relationship is advertising value and brand image
on brand attitudes. Brand attitude is also known to be able to mediate the effect of
brand image on brand loyalty.
This research contributes by adding to the literature and empirical studies,
and can be a reference and information for marketers and business people in the use
of advertising related to advertising values and customer attitudes to build brand
loyalty, especially the BNI Mobile Banking brand.
Kata Kunci : BNI Mobile Banking , Nilai Iklan, Citra Merek, Sikap Merek dan Kesetiaan Merek.