Laporkan Masalah

Pengaruh Nilai Iklan Dan Citra Merek Pada Kesetiaan Merek Yang Dimediasi Sikap Merek BNI Mobile Banking

AHMAD FIKRI, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.,

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Mengantisipasi peningkatan pemanfaatan layanan keuangan digital, PT. Bank 

Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI, meluncurkan aplikasi New BNI Mobile 

Banking untuk membangun citra merek yang dikomunikasikan melalui iklan secara 

intensif.

Pada September 2021, terlihat peningkatan tren dan nilai transaksi dari tahun 

sebelumnya, sehingga menjadi menarik untuk meninjau kembali hubungan pengguna 

antara nilai iklan dan citra merek pada sikap merek dan kesetiaan merek BNI Mobile 

Banking untuk memastikan konsistensi tren positif tersebut. Penelitian dilakukan 

secara kuantitatif, pada pengguna BNI Mobile Banking yang berdomisili di 

Jabodetabek.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai iklan dan citra merek mampu 

memprediksi sikap merek, adapun sikap merek juga mampu memprediksi kesetiaan 

merek BNI Mobile Banking. Kedua hubungan tersebut sama-sama kuat dalam 

memprediksi kesetiaan merek, namun yang paling kuat hubungannya adalah nilai iklan 

dan citra merek terhadap sikap merek. Sikap merek yang diketahui juga mampu 

menjadi pemediasi pengaruh citra merek pada loyalitas merek.

Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menambah literatur dan studi 

empiris, serta dapat menjadi referensi dan informasi bagi pemasar dan pelaku bisnis 

dalam penggunaan iklan terkait nilai iklan dan sikap pelanggan untuk membangun 

kesetiaan merek khususnya merek BNI Mobile Banking.

Anticipating the increasing use of digital financial services, PT. Bank Negara 

Indonesia (Persero) Tbk. or BNI, launched the New BNI Mobile Banking 

application to build a brand image communicated through intensive advertising.

In September 2021, there was a trend of increasing users and transaction 

values from the previous year, so it is interesting to examine the relationship 

between advertising value and brand image on brand attitude and brand loyalty of 

BNI Mobile Banking to ensure the consistency of this positive trend. The research 

was carried out quantitatively, on BNI Mobile Banking users who are domiciled in 

Jabodetabek.

The results showed that advertising value and brand image were able to 

predict brand attitudes, while brand attitudes were also able to predict BNI Mobile 

Banking brand loyalty. Both of these relationships are equally strong in predicting 

brand loyalty, but the strongest relationship is advertising value and brand image 

on brand attitudes. Brand attitude is also known to be able to mediate the effect of 

brand image on brand loyalty.

This research contributes by adding to the literature and empirical studies, 

and can be a reference and information for marketers and business people in the use 

of advertising related to advertising values and customer attitudes to build brand 

loyalty, especially the BNI Mobile Banking brand.

Kata Kunci : BNI Mobile Banking , Nilai Iklan, Citra Merek, Sikap Merek dan Kesetiaan Merek.

  1. S2-2023-464984-abstract.pdf  
  2. S2-2023-464984-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-464984-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-464984-title.pdf