Laporkan Masalah

ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM PENDAFTARAN ONLINE JSS (JOGJA SMART SERVICE) MENGGUNAKAN METODE EUCS DI RS PRATAMA YOGYAKARTA

Nasiroh Nur Fadila, Marko Ferdian Salim., S.K.M., M.P.H.

2023 | Tugas Akhir | D4 MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN

Latar Belakang: Sistem pendaftaran online menggunakan JSS di RS Pratama sudah lebih dari satu tahun diterapkan. Adapun hasil studi pendahuluan yaitu masih terdapat keluhan dari pengguna sistem ini. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RS Pratama Kota Yogyakarta maka perlu dilakukan analisis untuk mengukur kinerja, efektivitas sistem, serta memperbaiki sistem yang kurang optimal.

Tujuan: Menganalisis sistem pendaftaran online Jogja Smart Service (JSS) di Rumah Sakit Pratama Kota Yogyakarta dengan metode EUCS.

Metode: Jenis penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dengan Rumus Slovin sebanyak 94 orang. Teknik pengambilan sampel accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat.

Hasil: Hasil uji statistic c-square menunjukkan bahwa terhadapt hubungan signifikan antara isi (p=0.00), akurasi (p=0.00), format (p=0.00), kemudahan pengguna (p=0.00), ketepatan (p=0.00) dengan kepuasan pengguna. Hasil Uji regresi logistic menunjukkan variabel akurasi yang paling erat berhubungan dengan kepuasan pengguna dengan nilai POR (Prevalent Odds Ratio) paling tinggi yaitu 22,844 (CI 95% = 2,893-180,401).

Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variable independent dalam EUCS memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna sistem pendaftaran online JSS. Hasil analisis multivariat diperoleh hasil bahwa faktor yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna adalah factor akurasi. Oleh karena itu, faktor akurasi penting untuk ditingkatkan.

Background: The online registration system using JSS at Pratama Hospital has been implemented for more than a year. As for the results of the preliminary study, there are still complaints from users of this system. In order to improve the quality of health services at the Pratama Hospital in the City of Yogyakarta, it is necessary to carry out an analysis to measure performance, system effectiveness, and improve systems that are less than optimal.

Objective: Analyzing the Jogja Smart Service (JSS) online registration system at the Yogyakarta City Pratama Hospital using the EUCS method.

Method: The type of research that has been carried out is quantitative. The number of samples with the Slovin Formula was 94 people. Accidental sampling technique. The research instrument used a questionnaire. Data analysis was performed using univariate, bivariate and multivariate analysis.

Results: The results of the c-square statistical test showed that there was a significant relationship between content (p=0.00), accuracy (p=0.00), format (p=0.00), ease of use (p=0.00), accuracy (p=0.00) with user satisfaction. The results of the logistic regression test show that the accuracy variable is the most closely related related to user satisfaction with the highest POR (Prevalent Odds Ratio) value of 22,844 (CI 95% = 2,893-180,401).

Results: The results of the study show that all independent variables in EUCS have an influence on user satisfaction with the JSS online registration system. The results of the multivariate analysis show that the dominant factor affecting user satisfaction is the accuracy factor. Therefore, the accuracy factor is important to improve.

Kata Kunci : EUCS, Kepuasan, Pendaftaran Online/ EUCS, Satisfaction, Online Registration

  1. D4-2023-446924-abstract.pdf  
  2. D4-2023-446924-bibliography.pdf  
  3. D4-2023-446924-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2023-446924-title.pdf