Laporkan Masalah

Formulasi Model Bisnis Stasiun Air Minum Komersial: Cara Baru Distribusi Produk Air Minum

Jimmy Indrawan, Hargo Utomo, Dr., M.B.A.

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Kebiasaan konsumsi air kemasan menjadi bagian dari budaya konsumsi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan minum sejak lama. Namun pola konsumsi air kemasan dalam jumlah masif menciptakan sampah plastik dalam jumlah banyak. Khususnya ketika beraktivitas di ruang publik dimana konsumen mengandalkan produk air kemasan botol dan gelas untuk memenuhi kebutuhan air minum. Sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai secara alami, dan menyebabkan ancaman pencemaran lingkungan, termasuk keberlangsungan sumber air bersih. Untuk itu dibutuhkan inovasi model bisnis distribusi produk air minum tanpa menghasilkan sampah plastik, melalui Stasiun Air Minum Komersial.
Tujuan dari penelitian dilakukan adalah mengidentifikasi peluang yang ada di pasar akan kebutuhan air minum dan pola konsumsi konsumen di kota Jakarta, saat beraktivitas di ruang publik dan perjalanan menggunakan transportasi publik. Informasi digunakan untuk merancang model bisnis stasiun air minum yang menciptakan dan menyampaikan proposisi nilai yang unik dan sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga mampu menggerakan masyarakat untuk merubah kebiasaan dalam konsumsi air. Dengan stasiun air minum, produk air minum dapat didistribusikan kepada konsumen tanpa harus menghasilkan sampah plastik.

The Consumption of bottled water has been a culture since long time for the people of Jakarta to meet drinking needs. The reason of this phenomena is the scarcity of clean water in big cities, moreover practicality reason, convenience and affordability factors that strengthen consumer habits in consumption. However, consumption of bottled water in massive quantities creates plastic waste, that become pollution and threat environment, including the sustainability of clean water sources. This research was created to identify the need for drinking water and consumption patterns of consumers in the city of Jakarta, when they are active in public spaces and when traveling using public transportation. The information is used to formulate innovative drinking water station business models that can attract the public to change consumption patterns of bottled water by adopting drinking water distribution technology that does not produce plastic waste.

Kata Kunci : Inovasi model bisnis, Sampah plastik, Air kemasan, keberlangsungan

  1. S2-2023-485928-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485928-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485928-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485928-title.pdf