Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal: Studi Kasus Muslim Indonesia di Kota Osaka
Putri Alpyani, Drs. Eman Suherman, M.Hum
2023 | Skripsi | SASTRA JEPANG
Akhir-akhir ini, akibat pertumbuhan Islam yang terus meningkat perkembangan pasar halal juga naik dan menjadi sangat populer. Hal ini juga berdampak pada banyaknya permintaan produk dan jasa halal di berbagai negara, salah satunya Jepang. Meskipun kontak Islam dengan Jepang diperkirakan baru terjalin pada akhir abad ke-19, tapi usaha pemerintah dalam memperkenalkan Islam dan konsep halal pada masyarakat bisa dikatakan berhasil. Hal ini terlihat dari banyaknya restoran, toko, hingga tempat wisata yang menyediakan tempat ibadah dan menu halal. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa masalah yang dihadapi muslim di Jepang. Oleh karena itu penelitian ini membahas mengenai perilaku konsumen muslim khususnya penduduk Indonesia dan apa saja faktor-faktor yang berpengaruh dalam pembelian produk halal di Jepang khususnya di kota Osaka.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teori perilaku konsumen model Philip Kotler dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Mayoritas informan merupakan pelajar yang melanjutkan studi di kota Osaka selama lebih dari 2 tahun.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas perilaku muslim Indonesia dalam mengkonsumsi dan membeli produk halal di kota Osaka dilakukan dengan, (1) berbelanja, memasak, dan menyiapkan persediaan bahan makanan, (2) membeli produk secara online, (3) membeli di toko, supermarket, dan restoran yang menjual produk halal, (4) memperhatikan dan memeriksa label halal, (5) dan memesan atau membeli makanan halal di restoran ketika makan di luar rumah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mereka yaitu, (1) faktor agama, (2) faktor sosial, (3) faktor budaya, (4) faktor pribadi, (5) dan faktor psikologi.
Recently, due to the growth of Islam, the development of the halal market has also increased and become very popular. This has also created a high demand for halal products and services in various countries, including Japan. Although Islam in Japanese society began at the end of the 19th century, the government's efforts to introduce Islam and the concept of halal to society were successful. This is portrayed by a large number of restaurants, shops, and tourist destinations that provide prayer facilities and halal menus. However, there are still several challenges facing Muslims in Japan. Therefore, this study discusses Indonesian Muslims consumer behavior and the factors that influence their purchase of halal products in Japan, specifically in Osaka.
This study used a descriptive qualitative approach. The data analysis in this study utilizes Philip Kotler's consumer behavior theory, with data collected from questionnaires and interviews. Most of the informants were students who had been studying in Osaka for more than 2 years.
The results of this study indicate that Indonesian Muslim behavior for consuming and buying halal products in Osaka include: (1) shopping, cooking, and preparing food supplies, (2) buying halal products from online store, (3) buying products from stores, supermarkets, and restaurants that offer halal products, (4) always checking halal labels, and (5) buying or ordering halal food at restaurants when dining out. As for the factors influencing their decisions, these were: (1) religious factors, (2) social factors, (3) cultural factors, (4) personal factors, and (5) psychological factors.
Kata Kunci : muslim Indonesia, produk halal, perilaku konsumen, kota Osaka