Laporkan Masalah

Analisis strategi bersaing Happy Puppy "Karaoke" Kelapa Gading, Jakarta

ASOFITRA, Imran, Dr. Bambang Riyanto LS., MBA

2004 | Tesis | Magister Manajemen

Sektor industri jasa dan hiburan, khususnya sebagai sektor andalan di DKI Jakarta terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Perkembangan ini berawal pada tahun 1990 an dimana awal tumbuhnya industri karaoke di Jakarta. Kemudian industri jasa hiburan ini semakin berkembang terutama pada tahun 1998, yaitu pada saat terjadi krisis moneter yang mengakibatkan banyak orang yang menderita stres di Jakarta yang membutuhkan hiburan musik, khususnya hiburan musik karaoke. Musik karaoke yang berasal dari Negara Jepang ini ini ternyata cocok bagi salah satu bentuk alternatif hiburan musik bagi orang-orang yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Happy Puppy Karaoke adalah salah satu perusahaan jasa hiburan karaoke yang beroperasi di Daerah Kelapa Gading Jakarta Utara. Untuk menghadapi persaingan dalam industri karaoke, perusahaan hendaknya memiliki strategi bersaing yang maksimal dan memadai. Strategi bersaing ini dapat diperoleh melalui pengelolaan aktivitas-aktivitas yang ada di perusahaan tersebut dengan baik, sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan oleh perusahaan, dalam usaha mencapai visi dan misi serta tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan menguraikan tentang persaingan di dalam Industri Karaoke di Jakarta, khususnya di Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara, dimana Happy Puppy Karaoke merupakan salah satu Karaoke terbesar yang ada di daerah tersebut, dan sekarang ini telah mendapat saingan dari perusahaan lain, terutama Nav Karaoke Keluarga I dan Nav Karaoke Keluarga II yang pada saat ini telah mampu bersaing dengan Happy Puppy Karaoke sebagai pesaing utamanya. Selain itu juga penelitian ini juga untuk mengkaji lebih jauh mengenai bagaimana Happy Puppy Karaoke mengelola aktivitas-aktivitas yang ada pada perusahaan tersebut apakah sudah berjalan dengan benar. Hal ini menjadi penting, karena melalui analisis Strategi Bersaing akan dapat diidentifikasi aktivitas-aktivitas apa saja yang belum dan sudah mampu memberikan nilai dalam keunggulan bersaing perusahaan. Melalui analisis ini pula akan dapat terlihat bagaimana sumberdaya-sumberdaya yang ada dalam perusahaan terintegrasi sehingga menjadi suatu keunggulan bersaing yang baik bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Happy Puppy Karaoke memiliki beberapa kekuatan yang menjadi sumber keunggulan bersaing yang terdapat dalam aktivitas-aktivitas perusahaan, tetapi hanya ada tiga keunggulan bersaing yang merupakan keunggulan perusahaan, yaitu kemampuan dalam pemasaran, teknologi, dan reputasi yang baik, yang mengutamakan pelayanan yang prima. Di samping itu juga ditemukan Distinctive Competencies Happy Puppy Karaoke yang tidak terdapat pada karaoke lain, yaitu : Visi yang kuat yang ada pada Happy Puppy Karaoke yang menjadikan karaoke ini sebagai karaoke putih atau family karaoke.

Service and entertainment industry sector as the main sector in DKI Jakarta continue to grow significantly from year to year. This growth began in the 90’s where karaoke industry started to grow. This industry keeps on growing, especially in 1998 when monetary crisis caused the feeling of stressed and people needed music to entertain them, karaoke music. Karaoke music which came from Japan fit- in in big cities like Jakarta as one of the alternatives of musical entertainment. Happy Puppy Karaoke is one of the karaoke companies which is operating in Kelapa Gading, North Jakarta. To face the competition in karaoke industry, a company should have maximal and adequate competitive strategies. Competitive strategies can be achieve by managing the activities inside the company according to the company’s adjective that has been set in order to its achieve vision and mission. This research is to identify the competition in karaoke industry in Jakarta, especially in Kelapa Gading, North Jakarta where Happy Puppy , the biggest karaoke in that area facing new competition from other companies such as Nav Family Karaoke I and Nav Family Karaoke II that able to compete with Happy Puppy Karaoke as its main competitor. Besides that this research is to learn more on whether Happy Puppy Karaoke manages its activities inside the company correctly. These issues become important, because through competitive strategy analysis we can identify which activities that can increase the value of the company’s competitive strategy. Through this analysis we can see how the resources inside the company integrate to form a good company strategy. The results of this research show that Happy Puppy Karaoke has several strength that become the source of the company’s competitive advantage in each activity, but there are only three (3) main competitive strategies, they are ability in marketing, technology, and good reputation, that emphasize good service. Besides that Happy Puppy Karaoke Distinctive Competencies that can not be found in other karaoke is its strong vision in Happy Puppy Karaoke which made this karaoke as “white karaoke” or family karaoke.

Kata Kunci : Strategi Bersaing, Industri Karaoke, Competitive Strategy, Karaoke Industry, Happy Puppy

  1. S2-2004-ImranAsofitra-abstract.pdf  
  2. S2-2004-ImranAsofitra-bibliography.pdf  
  3. S2-2004-ImranAsofitra-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2004-ImranAsofitra-title.pdf