Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH FAKTOR LOKASI, FASILITAS, KENYAMANAN, DAN HARGA SEWA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH KAMAR INDEKOS (Studi Kasus: Mahasiswa Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada)

Theresia D. A. Marbun, Dra. Nur Aini Yuniyarti, M.SI.

2023 | Tugas Akhir | D4 Manajemen dan Penilaian Properti

Faktor lokasi, fasilitas, kenyamanan, dan harga sewa merupakan faktor penting yang memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kamar indekos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor lokasi, fasilitas, kenyamanan, dan harga sewa terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kamar indekos. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian yaitu variabel lokasi, fasilitas, kenyamanan, dan harga sewa. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel keputusan mahasiswa dalam memilih kamar indekos. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan SPSS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Rumus yang digunakan dalam menentukan jumlah sampel adalah rumus Cochran dengan jumlah sampel sebanyak 96 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari kuesioner yang sudah diisi oleh mahasiswa Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada dan data sekunder dari jurnal, artikel, dan lainnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah faktor lokasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kamar indekos dan faktor harga sewa berpengaruh signifikan tetapi negatif terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kamar indekos sedangkan faktor fasilitas dan kenyamanan tidak berpengaruh signifikan tetapi positif terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kamar indekos.

Location, facilities, convenience, and rental prices are important factors that have an influence on student decisions in choosing boarding houses. This study aims to determine the influence of location, facilities, convenience, and rental prices on student decisions in choosing boarding houses. This research is quantitative descriptive. The independent variables used in this study are location, facilities, convenience, and rental prices. The dependent variable used in this research is the student's decision variable in choosing a boarding house. The data analysis technique used in this study is logistic regression analysis using SPSS. The sampling technique used was purposive sampling. The formula used in determining the number of samples is the Cochran formula with a total sample of 96 samples. The data used in this study are primary data from questionnaires that have been filled out by students from the Department of Economics and Business, Vocational School, Gadjah Mada University and secondary data from journals, articles and others. The data collection technique in this study was in the form of a questionnaire using a Likert scale. The results of this study are that the location factor has a significant and positive effect on student decisions in choosing boarding rooms and the rental price factor has a significant but negative effect on student decisions in choosing boarding rooms while the facilities and comfort factors have no significant but positive effect on student decisions in choosing boarding rooms. 

Kata Kunci : Analisis Regresi Logistik, Fasilitas, Harga Sewa, Kenyamanan, Keputusan, Lokasi, SPSS.

  1. D4-2023-483551-abstract.pdf  
  2. D4-2023-483551-bibliography.pdf  
  3. D4-2023-483551-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2023-483551-title.pdf